• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BNN Warning Waspada Narkoba Jenis Baru

17 February
19:39 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kepala Badan Narkotika  Nasional  (BNN)  Komisaris Jenderal Pol Budi Waseso mengatakan Indonesia perlu mewaspadai narkotika jenis baru. Di dunia terdapat 656 narkotika jenis baru. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 jenis narkotika beredar di Indonesia. Selanjutnya dari 53 jenis yang beredar, hanya 46 narkoba yang tercantum di dalam Undang-Undang Narkotika.

Sementara tujuh lainnya, tidak dapat ditindak artinya apabila ada penyalahgunaan narkotika maka tidak dapat diproses secara hukum.

“Masuk ke Indonesia 53 sementara 600 sekian akan menyusul. Kalau kita embat maka akan cepat masuknya. Iniu mesin pembunuh generasi kita. Dari 53 jenis narkotika, khusus di jalur hukum. Kalau dipakai ini sisanya (Yang tujuh) maka bebas hukum dan tidak bisa diapa-apakan,” kata kata Budi Waseso kepada wartawan, Jumat (17/2/2017).

Di Indonesia terdapat 72 jaringan internasional yang terlibat dalam peredaran narkotika di Indonesia. BNN pernah mengungkap kasus satu jaringan dengan Tindak Pidana Pencucian uang (Money Laundry) Rp3, 6 triliun. Jika rata-rata belanja narkotika Rp1 triliun untuk satu jaringan maka satu tahun, ada Rp72 triliun uang untuk belanja narkotika. Kondisi tersebut membuktikan pangsa pasar narkoba di Indonesia besar.

Terdapat 11 negara yang aktif menyelundupkan narkotika ke Indonesia yakni Thailand, Eropa, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Taiwan.. Narkoba diselundupkan dengan berbagai modus dan tampilan. Ada jenis narkotika yang dikemas didalam kue, makanan dan minuman. Bandar mengira petugas kesulita untuk mendeteksi padahal petugas tidak mudah untuk dikelabuhi.

“Narkoba jenis baru dengan macam-macam jenisnya, berbagai bentuk masuk ke Indonesia bahkan pembelian atau pemesanan sudah bisa melalui internet. Pembelian melalui paket-paket. Ganja saja jenisnya ada yang sintesis, cair. Ada yang dalam bentuk makanan dan minuman,” tuturnya.

Bahaya narkotika, kata Budi Waseso menjangkiti berbagai kalangan, profesi, dan telah merambah kampung-kampung dan lini kehidupan masyarakat. Kondisi tersebut sangat memprihatinkan.Pencegahan terhadap narkotika, bukan semata tugas dari BNN melainkan seluruh elemen bangsa. (Sgd/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00