• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

300 KK Terdampak Banjir, BPBD Tegal Pastikan Distribusi Bantuan Aman

17 February
11:00 2017
0 Votes (0)

BRN, Tegal  : Banjir yang melanda beberapa daerah Kabupaten Tegal hingga kini masih belum surut. Hingga Jumat (17/2/207) siang, air masih menggenang di 3 kota dan daerah Silokaton, Kabupaten Tegal . 300 KK tercatat terendam banjir yang baru pertama kali terjadi di daerah Katon, Singgapurna.

Menurut Kepala BPBD Tegal Tejo Kusworo,  banjir disebabkan oleh jebolnya tanggul Kali Gangsa di beberapa titik yang menyebabkan air masuk ke daerah pesawahan dan ke pemukiman warga di dua desa .

Pihak BPBD Tegal sudah melakukan pendistribusian sembako menggunakan perahu kepada 300 KK yang rumahnya terendam banjir.  Selain itu, pihak BPBD juga telah mendirikan dapur umum di pengungsian.

“ Pada bulan ini memang terjadi banyak bencana di Kabupaten Tegal, namun logistik untuk korban bencana dipastikan cukup untuk di distribusikan ke berbagai daerah bencana,“ ungkap tejo Kisworo .

Bantuan logistik juga datang dari BNPB yang mengirimkan satu truk sembako menggunakan APBD Provinsi. Selain itu, Bupati juga memiliki cadangan pangan sebanyak 10 ton yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal .

Selain pemukiman warga yang terendam, sejauh ini belum ada informasi pasti dari pihak kecamatan terkait sekolah-sekolah yang terpaksa meliburkan siswanya karena sekolah terendam banjir .

“Kebetulan kami belum dapat laporan soal apakah ada sekolah yang terendam banjir ini dna bagaimana proses belajar, namun relawan kami sudah melakukan penyusuran,“ tambah Tejo .

Hingga saat ini, relawan dari PMI dan masyarakat setempat masih membantu BPBD menanggulangi banjir di daerah tersebut. ( IND/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00