• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Cabai Rawit di Madiun Tembus Rp130 Ribu

14 February
15:01 2017
2 Votes (5)

KBRN, Madiun : Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional wilayah Madiun terus merangkak naik, Selasa (14/2/2017). Di Pasar Besar Madiun (PBM), harga cabai rawit merah menembus angka Rp120 ribu sampai Rp130 ribu per kilogram.

Seorang penjual cabai di Pasar Besar Madiun (PBM), Sukadi menyatakan, kenaikan harga cabai rawit terjadi sejak sepekan terakhir. Sukadi menyatakan, naiknya harga cabai rawit, salah satunya disebabkan petani gagal panen, akibat cuaca yang tidak menentu. Kondisi ini berdampak pada menurunnya permintaan konsumen.

“Melambung tinggi ini harganya, ya sangat tinggi. Faktornya ya dari petaninya harganya sudah mahal, kurang tahu kalau masalah itu. Sebab petani mengeluh semua, karena banyak yang rusak tanamannya akibat cuaca. Saya ngambilnya ya dari Ponorogo, Kediri juga,” ujar Sukadi, Selasa (14/2/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono membenarkan, harga cabai rawit merah di Kota Madiun menembus angka Rp130 ribu setiap kilogram. Gaguk mengakui, Disperindag belum berencana mengadakan operasi pasar, sebab berkaitan dengan perlindungan konsumen merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Sementara ini terkait dengan kegiatan perlindungan konsumen seperti itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Sehingga kalau kita mau mengadakan operasi pasar, itu harus koordinasi dulu dengan balai yang ada di Kediri itu. Kalau barangnya itu ada, Cuma harganya saja yang naik,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kota Madiun bukan daerah penghasil cabai rawit. Karena itu, cabai yang dijual di pasaran, didatangkan dari daerah tetangga, seperti Ponorogo, Magetan, Kediri dan Nganjuk. Gaguk menegaskan, saat ini harga cabai merah besar Rp38 ribu per kilogram sedangkan cabai keriting seharga Rp49 ribu setiap kilogram. (EW/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00