• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Dualisme Kepemimpinan DPD KNPI Papua Barat

11 January
22:44 2017
0 Votes (0)

KBRN, Sorong: Kepengurusan DPD KNPI Papua Barat yang diinformasikan dalam masa dualisme kepemimpinan dibantah Ketua DPD KNPI papua barat, Sius Dowansiba, yang merupakan ketua DPD KNPI berdasarkan versi kongres KNPI di Jayapura, Provinsi Papua dengan hasil keputusan mengangkat Rifa'i Darus sebagai Ketua DPP KNPI periode ini.

Ditegaskan Sius Dowansiba saat ditemui di sorong, Rabu (11/1/2017) dikatakan, kepengurusan DPD KNPI Papua Barat dibawah Yanto Ijie versi Fat A. Rafiq hasil Muswil dari Hermus Indou tidak sah dan cacat hukum, pasalnya kepengurusan tersebut tidak diakui oleh negara dan tidak pernah melaksanakan Kongres, sehingga rujukan dalam berorganisasi tidak mengacu pada aturan apapun, sementara kepengurusanya mendapat dukungan dari OKP dan OKPI kelompok Cipayung serta sejumlah DPD KNPI tingkat kabupaten yang sah.

"Secara aturan tegas kami katakan, bahwa kamilah yang sah sebagai pengurus DPD KNPI Papua Barat, dan tidak ada dualisme kepemimpinan KNPI di Papua Barat maupun Nasional, karena kepengurusan sah itu hanya ada dibawah kepemimpinan Rifa'i Darus bukan saudara Fat A Rafiq," tegas Sius Dowansiba.

Sementara, Sekretaris DPD KNPI Papua Barat, Jimmy Liusanda, menegaskan keberadaan DPD KNPI Papua Barat dibawah kepemimpinan Sius DOwansiba diakui oleh pemerintah, sebab saat Musda KNPI papua barat dihadiri pemerintah daerah, sehingga hal ini menunjukkan sikap dan dukungan pemerintah kepada KNPI Papua Barat dibawah kepemimpinan Sius Dowansiba

"Kami pertegas, keberadaan kami sebagai Pengurus KNPI Papua Barat juga didukung pemerintah daerah, dan kami pun telah melantik sejumlah pengurus KNPI kabupaten se-papua barat, untuk menindak lanjuti pasca Musda dan pelantikan KNPI Papua Barat untuk membina dan meningkatkan kemampuan pemuda ditanah papua barat," kata Jimmy Liusanda.

Dualisme kepemimpinann Kepengurusan KNPI terjadi pasca adanya kontroversi keberadaan ketua ditiap kubu, dimana saat Kongres Rifa'i Darus terpilih sebagai ketua DPP KNPI hasil kongres, kemudian penetapan Kongres tandingan berhasil memutuskan Fat A. Rafiq sebagai ketua DPP KNPI versi tandingan. (Yudhi/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00