• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Harga Cabai Masih Tinggi, DPRD Sampang Desak Pemkab Gelar Operasi Pasar

11 January
22:03 2017
1 Votes (1)

KBRN, Sampang: Hingga saat ini harga cabai rawit merah masih melambung tinggi di pasaran. Komisi II DPRD Sampang mendesak Pemerintah Kabupaten Sampang dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat untuk melaksanakan operasi pasar. 

Anggota Komisi II DPRD Sampang Sohebus Sulton mengatakan, dampak dari kenaikan harga cabai ini tidak menutup kemungkinan akan membuat harga kebutuhan pokok yang lainnya juga ikut naik, sehingga dalam hal ini dibutuhkan peran dari Disperindag untuk menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas itu. 

"Dengan operasi pasar, kita bisa memastikan faktor kenaikan harga cabai itu apakah memang karena faktor alam atau hanya permainan tengkulak, karena ini menjadi kebutuhan dasar yang penting bagi masyarakat," ucapnya, Rabu (11/1/2017).

Staf Pengawasan Penyaluran Barang dan Jasa Disperindag setempat Azis mengungkapkan, kalau harga cabai rawit di Kabupaten Sampang saat ini mencapai Rp 100 ribu per Kg. Menurutnya, hal itu terjadi karena para petani cabai mengalami gagal panen akibat anomali cuaca, sehingga membuat stok di pasar sedikit sedangkan permintaan banyak, selain itu juga dimungkinkan momentum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan tahun baru. 

"Saat ini harga cabai rawit di Sampang mencapai Rp 100 ribu per Kg," katanya. 

Ia mengaku, sampai saat ini pihaknya belum mempunyai rencana untuk menggelar operasi pasar, karena diprediksi harga cabai akan berangsur turun pada akhir Januari ini. (Wan/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00