• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Akhir 2017 Waduk Jatiluhur Purwakarta Bebas KJA

11 January
19:32 2017
2 Votes (3)

KBRN, Purwakarta: Proses pembersihan Keramba Jaring Apung (KJA) di waduk jatiluhur Purwakarta Jawa Barat,yang sebelumnya direncanakan selesai sekitar lima tahun kedepan kini bisa terlaksana dalam waktu kurang dari satu tahun.Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, pembersihan keramba jaring apung tersebut akan melibatkan Satpol PP, Polri, PJT II dan TNI.Untuk kelancaran pembersihan KJA rencananya TNI akan memberi bantuan perahu.

"Sekarang ini kan hanya ada satu perahu penarik punya TNI. Saya sudah ngobrol sama Pak Aster TNI, nanti bisa kirim bantuan 10 perahu lagi ditambah pasukan untuk membantu pembersihan,” ujar Bupati, Rabu (11/1/2017) di Purwakarta.

Dikatakan Dedi kawasan KJA yang berada di Waduk Jatiluhur nantinya akan difokuskan  pada peningkatan kualitas air, kapasitas produksi listrik, hingga pencanangan kawasan wisata yang masuk kedalam  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Kita beri nama operasi ini adalah Operasi Waduk Jatiluhur Herang. Saya yakin kalau sudah bersih, ekonomi masyarakat sekitar akan lebih hidup dari sektor pariwisata, dibanding dengan KJA, yang kebanyakan bukan orang pribumi,” tegasnya.

Sementara itu Dirut PJT II Djoko Saputro mengaku pihaknya mendukung penuh langkah Bupati Dedi membersihkan KJA, mengingat Waduk Jatiluhur adalah aset nasional dan keberadaan KJA selama ini dinilai kurang  manfaat, justru malah besar efek negatifnya terlebih pada akhir Desember lalu, waduk ini menjadi tempat tinggal jaringan teroris.

"Kebijakan kita, KJA menjadi nol atau zero. Kita akan melipatgandakan kemampuan pembersihan, dan dalam enam bulan bisa selesai,” katanya.

Saat ini menurut Djoko, status izin KJA yang mencapai 24 ribu unit sudah dipastikan habis seluruhnya pada akhir Desember 2016 lalu,  Jadi saat ini pihaknya melalui bantuan pemerintah Kabupaten Purwakarta akan memberikan sosialisasi dan melayangkan surat peringatan agar pemilik KJA segera membersihkan sendiri, jika tidak dibersihhkan, para petugas  yang terdiri dari unsur Pemerintah Kabupaten Purwakarta,  PJT II,TNI dan Polri akan membongkar KJA. (EW/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00