• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

Satukan Pemahaman, KIP Aceh Tengah Gelar Bimtek Terpadu

11 January
16:42 2017
1 Votes (5)

KBRN, Takengon : Komisi Independen Pemilihan ( KIP ) Aceh Tengah terus melaksanakan tugas dan fungsinya selaku penyelenggara menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Februari 2017 mendatang. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Bimbingan Teknis ( Bimtek ) bagi seluruh penyelenggara Pilkada.

Ketua KIP Aceh Tengah Marwansyah dalam kegiatan Bimtek diikuti PPK dan Panwascam se Kabupaten Aceh Tengah menyampaikan tentang pentinganya menyatukan pemahaman antara penyelenggara sehingga pesta demokrasi berjalan sukses.

“Ya salah satunya untuk menyatukan pemahaman penyelenggara jadi perlu jadi catatan kita bersama penyelenggara itu adalah KPU dan Jajarannya serta Bawaslu dan jajarannya, itu penyelenggara,” ujar Marwansyah, Rabu (11/1/2017).

Dalam kesempatan itu Marwansyah menyampaikan pada Pilkada kali ini, regulasi atau aturan yang digunakan dalam pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara  pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati berbeda dengan peraturan pemilihan legislative maupun Presiden.

Salah satu perbedaannya adalah jika pilpres dan Legislatif dilaksanakan rekapitulasi ditingkat desa, sedangkan untuk Pilkada 2017 rekapitulasi ditingkat desa dihapuskan.

“Setelah selesai pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan kelompok penyelenggara, PPS langsung mengantar kotak suara ke Kecamatan, itu yang harus dipahami pertama,” timpal Marwansyah

Kegiatan dilaksanakan sehari penuh pada salah satu hotel di Takengon diikuti 113 peserta, 70 peserta PPK dan selebihnya Panwascam dari 14 Kecamatan di Aceh Tengah. (Sn/DS) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00