• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Atambua Tandatangani Kerjasama dengan FKTP se-Belu

11 January
16:27 2017
0 Votes (0)

KBRN, Atambua : Guna meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Atambua menggelar sosialisasi kapitasi berbasis kompetensi penilaian (KBKP) dan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) se Kabupaten Belu Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di kantor BPJS kesehatan, Rabu (11/01/2017). 

Kepala Kantor BPJS Kesehatan cabang Atambua Endang Triana Simanjuntak kepada RRI menjelaskan, penandatanganan kerjasama yang dilakukan bersama FKTP sebanyak 17 Puskesemas, 7 dokter keluarga, 1 klinik dan Dokter gigi perorangan.

Ditegaskannya, BPJS kesehatan berkomitmen untuk melakukan pembayaran kapitasi selambat-lambatnya tanggal 15 setiap bulan. Pada penandatanganan itu juga terdapat 2 dokter keluarga yang baru bergabung, menambah jumlah fasilitas tingkat pertama  yang bisa melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan sosialisasi tentang kapitasi berbasis kompetensi penilaian (KBKP), yang berfungsi meningkatkan kemampuan FKTP sebagai garda terdepan dalam era JKN, dengan kriteria mampu menangani kasus yang menjadi kompetensi dokter, yang harus di tangani tuntas di fasilitas kesehatan tingkat pertama, melakukan rujukan sesuai kriterian indikasi rujukan, melakukan promotiv, prefentiv sebagai pengajaran kepada masyarakat agar sehat.

"Kami berharap agar dengan sosialisasi FKTP mampu menurunkan tingkat biaya yang di keluarkan BPJS untuk rumah sakit. Jika bisa di layani di FKTP, tanpa harus ke rumah sakit, kita harap FKTP harus segera melayani, seperti KB, Inplan dan fasektomi ini bisa di layani."

"FKTP harus jadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi peserta JKN-KIS, sehingga dengan kerjasama yang di lakukan, mampu meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS," pungkasnya.

Pantauan RRI, kegiatan sosialisasi kapitasi berbasis kompetensi penilaian (KBKP) dan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BPJS kesehatan Atambua dengan Fasilitas Kesehatan tingkat pertama (FKTP) se kabupaten yang berlangsung di kantor BPJS kesehatan cabang Atambua, dihadiri oleh Kepala puskesmas, dokter dan staf BPJS kesehatan, acara di akhiri dengan penandatanganan kerjasama oleh seluruh kepala puskesmas dan dokter yang bermitra dengan BPJS Kesehatan cabang Atambua. (FLL/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00