• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ruang Publik

Puluhan Penerima Kaki Palsu Terharu Mendapat Bantuan

11 January
16:11 2017
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Pemberian bantuan kaki palsu dari TNI dan Polri bersama Kick Andy Foundation, diwarnai tangis haru dari puluhan masyarakat yang selama ini penderita tuna daksa, Rabu (11/1/2017) di Asrama Pancasila, Pekanbaru.

Bantuan yang diserahkan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI L Pusung, Gubernur Riau, Arsyadjulaindi Rahman, Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain A yang disaksikan Forkompinda Provinsi Riau dan pihak terkait lainnya.

Rasa haru terjadi saat Marta Dikrama yang merupakan juru bicara penerima kaki palsu diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Dia mengaku mereka tidak bisa membalas atas pemberian itu, apalagi perhatian terhadap mereka sangat luar biasa ditunjukkan TNI dan Polri serta pemerintah daerah.

"Kami tidak bisa membalas kebaikan dan perhatian dari semua pihak yang hadir untuk memberikan kaki palsu kepada kami penerima," ungkapnya.

Kegiatan yang ditaja Korem 031/Wirabima bekerja sama dengan Kick Andy Foundation itu memberikan bantuan 20 kaki palsu kepada 19 warga penyandang disabilitas di Pekanbaru.

"Untuk tahap pertama ini yang mendaftar hanya 19 orang, kami akan terus mencari warga yang membutuhkan bantuan kaki palsu dan semua ini gratis," ujar Pangdam 01 Bukit Barisan Mayjen Lodewyk Pusung.

Menurutnya, tidak hanya sampai disitu, pihaknya juga menyebutkan bahwa pihaknya akan terus memonitoring pemakaian kaki palsu tersebut, sehingga jika nantinya sudah tidak muat lagi dengan si pemakai, maka akan mendapatkan ganti kaki palsu yang sesuai.

Ia juga menantang para penyandang kaki palsu tersebut, dua bulan lagi untuk datang ke Korem tanpa menggunakan tongkat dan pendamping. Tidak hanya sampai disitu, ia juga bersedia memberikan tiket gratis PP bagi para penyandang disabilitas yang ingin belajar membuat kaki palsu ke Sidoarjo.

"Langsung ke pembuat kaki palsu, namanya Sugeng. Nantinya hasil pembelajaran ini bisa dijadikan bisnis oleh saudara kita para penyandang disabilitas tersebut," terangnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Pelaksana Kick Andy Foundation, Ali Sadikin menyebutkan bahwa ini merupakan rangkaian dari program 1000 kaki palsu.

"Ini merupakan yang pertama di Riau, semoga nantinya berita ini menyebar dan warga yang lainnya bisa ikut mendapatkan kaki palsu di periode selanjutnya, dan jumlahnya bisa melebihi hari ini," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa untuk saat ini sudah ada 4000 kaki palsu yang dibagikan se-Indonesia, sehingga bagi warga Riau yang belum percaya bahwa program ini gratis bisa mendaftar melalui Kodim terdekat atau kunjungi situs  www.kickandy.com.

Disisi lain, Arsyadjuliandi Rahman mengaku banyak masyarakat Provinsi Riau yang membutuhkan bantuan kaki palsu, sehingga pihaknya akan mendukung kegiatan itu.

"Kami mendukung kegiatan ini, apalagi masih banyak masyarakat Riau yang membutuhkan kaki palsu," harapnya. (TS/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00