• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada Serentak

KPU Boalemo Coret Calon Petahana

11 January
15:50 2017
1 Votes (5)

KBRN, Gorontalo : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boalemo resmi mencoret pasangan Rum Pagau–Lahmudin Hambali (PAHAM) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Boalemo 2017.

Pencoretan calon Petahana ini ditandai dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) KPU Boalemo pengganti SK nomor 24 tentang penetapan calon.

Dalam SK yang baru itu, KPU Menyatakan calon yang memenuhi syarat adalah pasangan Darwis Moridu–Anas Yusuf (DAMAI) dan Pasangan Uwes Abubakar–Buyung Puluhulawa (UNGGUL).

Sementara pasangan Rum Pagau–Lahmudin Hambali (PAHAM) dintayakatan tidak memenuhi syarat.

Pencoretan paket PAHAM ini dilakukan melalui Rapat Pleno KPU Kabupaten Boalemo yang berlangsung Pagi tadi, Rabu (11/12/2017).

Komisioner KPU Kabupaten Boalemo NOLDY BIYA kepada RRI mengatakan, pembatalan pencalonan pasangan Paham ini merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Agung.

Dalam amar putusannya MA memerintahkan KPU Boalemo untuk membatalkan SK nomor 24 tentang penetapan calon, dan menerbitkan SK yang baru dengan mencantumkan pasangan nomor urut 2 dan tiga yang memenuhi syarat. Sementara pasangan nomor urut 1 tidak memenuhi syarat.

“Pagi tadi kita sudah melakukan pleno, jadi Paket PAHAM resmi dibatalkan sesuai amar putusan MA dan itu perintah undang–undang,” ungkap Noldy Biya

Dalam Rapat pleno pembatalan paket PAHAM ini, komisioner KPU tidak lagi berdebat karena ini sudah merupakan perintah undang–undang. (FA/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00