• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Menteri BUMN Ingin Setiap Kabupaten/Kota Miliki Rumah Kreatif Penopang UMKM

11 January
13:56 2017
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno berharap pada 2017 seluruh Kabupaten kota diseluruh Indonesia memiliki Rumah Kreatif. Hal itu guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM yang selama ini dinilai tidak berkembang maksimal.

"BUMN ini banyak yang memberikan pinjaman kepada pengusaha Mikro Kecil dan Menengah, bertahun-tahun sering kali mereka tidak naik kelas. Tadi dikatakan ada 57 juta UMKM di Indonesia, tapi banyak dari mereka tidak naik kelas, sebab itu dengan adanya Rumah Kreatif dapat jadi peluang," ungkap Menteri Rini, di sela peresmian Rumah Kreatif di Surabaya, Rabu (11/1/2017).

Menurut Rini, BUMN tidak hanya mencetak keuntungan, tapi juga sebagai agen pembangunan. Selain itu sinergi kekuatan BUMN juga dinilai mampu membantu masyarakat kecil dan menengah menjadi lebih tangguh, lebih kuat dan mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan. 

"Rumah Kreatif ini juga sebagai upaya mendorong kemandirian ekonomi sesuai Nawacita yang di inginkan Presiden Joko Widodo," terangnya. 

Hingga Januari ini pihaknya menargetkan membangun 100 Rumah Kreatif. Di Rumah Kreatif BUM­N ini, pelaku UMKM ak­an mendapatkan manfaa­t. 

"Seperti digitalisas­i usaha melalui porta­l e-commerce blanja.com­, seleksi UMKM potens­ial untuk pengembanga­n usaha lanjutan, ser­ta pelatihan pengemba­ngan kewirausahaan te­rkait proses produksi­, bahan baku, packing­, branding dan pengel­olaan keuangan," terangnya. 

Dalam kesempatan ini Rini juga mengapresiasi kreativitas Bank Mandiri yang membuka Rumah Kreatif di Surabaya. 

Bank Mandiri, kata Rini, juga mempunyai program yang dinamakan wirausaha muda mandiri itu juga bisa mendorong para pemuda untuk bisa memulai perusahaan. (Ben/DS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00