• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kota Ternate dapat Bantuan Alat Persampahan Program PLPBK

27 November
13:58 2016
0 Votes (0)

KBRN, Ternate: Penataan Lingkungan dari Sampah melalui Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Tahun 2016 yang saat ini menjadi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kota Ternate saat ini gencar dilakukan pada 17 kelurahan yang sesuai survei menjadi daerah kumuh.

Salah satu yang dilakukan dalam program tersebut yaitu melakukan penanganan sampah di daerah kumuh tersebut dengan memberikan bantuan peralatan persampahan kepada Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Al-Khairaat di Kelurahan Makassar Timur Ternate Tengah, sekaligus Lounching peralatan persampahan berupa motor pengakut sampah, gerobak sampah serta pakaian untuk para pekerja pengakut sampah juga sosialisasi sampah kepada masyarakat.

Local Govermen atau Tenaga Ahli Kebijakan Publik Pada Konsultan Program Kotaku Provinsi Maluku Utara Fajar Syafruddin kepada RRI usai Lonching menjelaskan, keberadaan bantuan peralatan sampah yang diberikan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik guna mengatasi sampah yang ada di daerah ini. Sebab sesuai survey yang dilakukan menjadi permasalah selama ini di daerah kumuh seperti Makassar Timur adalah sampah serta sanitasi.

”Yang menjadi permasalahan pada sejumlah daerah kumuh selain penataan lingkungan yang utama adalah masalah sampah serta masalah sanitasi. Karena itu bantuan peralatan persampahan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengatasi sampah,” ungkap Fajar Syafrudin, Minggu (27/11/2016).

Sementara itu Kepala Kelurahan Makassar Timur Kota Ternate Tengah Yusuf Djamal sebagai penerima bantuan kepada RRI mengatakan, melalui Program Kotaku diharapkan akan mampu menyentuh masyarakat dalam mengatasi masalah sampah serta masalah lingkungan lainnya yang selama ini menjadi salah kendala. Karena itu masyarakat juga akan ikut bersama-sama membantu semua Program, sehingga dapat keluar dari masalah sampah dan menjadi Kota Tampa Kumuh.

Bantuan peralatan persampahan ini akan dimanfaat dengan baik sekaligus dapat membantu masyarakat meningkatkan kebersihan dalam mendukung Program Kotaku di Kota Ternate. (Nng/Tte/AKS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00