• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

3M Plus lebih efektif cegah DBD dari Foging

23 February
16:31 2016
1 Votes (1)

KBRN, Madiun : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi terus berupaya menekan penyebaran demam berdarah, jauh hari sebelum memasuki musim penghujan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan penyakit Dinkes kabupaten Ngawi drg. Endah Pratiwi Ad., MM mengatakan pencegahan demam berdarah tidak dapat dilakukan serta merta. Pencegahan harus dilakukan jauh hari dengan menerapkan 3M plus, yakni Menguras bak mandi, Menutup bak penampungan air, Mengubur barang bekas, serta menggunakan anti nyamuk.

Endah menuturkan pencegahan 3M plus jauh lebih efektif dibanding foging. Menurutnya, Foging atau pengasapan merupakan langkah darurat yang dilakukan untuk membasmi nyamuk-nyamuk dewasa, tetapi tidak membunuh jentik yang berada di air.

“Jadi pencegahan dari demam berdarah tidak lain adalah 3M plus, kalau foging atau pengasapan itu bukan tindakan pencegahan. Foging adalah tindakan darurat untuk membunuh nyamuk-nyamuk dewasa, sedangkan jentik nyamuk di dalam air tidak mati. Jadi yang efektif adalah dengan melakukan 3M plus,” ujar Endah, Selasa (23/2/2016).

Endah menambahkan penyebaran nyamuk aides aygepti rawan terjadi setiap saat. Untuk itu, kebersihan lingkungan juga perlu agar tidak menjadi sarang nyamuk. Endah mencontohkan pakaian yang menggelantung juga rawan menjadi sarang nyamuk, serta tanaman maupun kebun yang terlalu rimbun.

Tercatat, di Ngawi tahun 2015 ada 750 kasus demam berdarah, 6 diantaranya meninggal dunia. Sedangkan di tahun 2016 hingga 10 Febuari tercatat ada 185 kasus demam berdarah, 2 diantaranya meninggal dunia. (IM/WDA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00