• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ketersediaan Gas Alam Kaltim dan Natuna, Potensi Energi Kalbar

24 February
09:55 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan provinsi penghasil gas alam terbesar di Indonesia dan hingga kini masih  terkesan penggunaan untuk kebutuhan dalam negeri justru lebih kecil dari yang di eksport dapat menjadi potensi energi di provinsi lain di pulau Kalimantan, terlebih Kalimantan Barat. Berdasarkan blue print dari Badan Pengelola  dan Pengatur Hilir  Minyak dan Gas (BPH Migas) akan ada jaringan pipa trans Kalimantan.

Ketersediaan gas di Kaltim tersebut merupakan potensi juga bagi ketersediaan energi di Kalbar, termasuk kemungkinannya sebagai pembangkit tenaga listrik.

“Kemudian  jangan lupa juga ada yang suatu ketika nanti itu juga menguntungkan Kalimantan Barat dengan cadnagan gas yang ada di Natuna, apabila itu di eksploitasi maka yang paling dekat, main landnya yang paling dekat itu ada Kalimantan Barat, bisa jadi Depo nya itu akan ada di kalimantan Barat”, ungkap Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak,  Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak,  Doktor RM Rustamaji,   MT di ruang Kerjanya Senin (24/2/2020).

Jika cadangan gas yang ada di Natuna dieksploitasi Dekan Fakultas Teknik Untan Pontianak ini optimis Pemerinta Provinsi Kalbar pasti akan berfikir sheeringnya adalah gas harus sampai untuk kebutuhan mensejahterakan masyarakat di Kalbar. Artinya jika bicara tentang potensi energi yang dapat dimanfaatkan di Kalbar masih cukup banyak , tetapi bagaimana melihat, kemudian memutuskan  dan mempertimbangkan secara bijak mana yang saat ini paling mungkin dilaksanakan, apalagi jika pemanfaatannya sebagai pembangkit listrik dapat saja terjadi dan sangat memungkinkan. (Hermanta).

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00