• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

8 Bangunan di Lahap si Jago Merah, Pemdes Kuala Dua dan Pemda Kubu Raya Fasilitasi Korban Terima Bansos

21 February
11:55 2020
1 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya : Kebakaran melanda rumah penduduk dan lapak dagangan warga di Jln. K.H. Abdurrahman Wahid Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar), Jum'at (21/2/2020) shubuh pukul 03.00. Sebanyak 4 lapak dagangan semi permanen dan empat rumah warga rata dengan tanah akibat di lahap si jago merah. 

Saksi mata yang juga korban Mulyadi menyebutkan, api terlihat mulai menyala sekitar pukul 03.00 WIB, yang diperkirakan berasal dari rumah Iwan, dugaan awal karena konsleting listrik. 

"Awal mulanya sekitar pukul 03.00 Iwan (korban) tiba-tiba minta tolong kepada ssya karena api sudah mulai melahap sebagian isi rumahnya yang selanjutnya api mulai merembet ke lapak dagangan dan rumah warga lainnya termasuk lapak saya", ungkap saksi mata yang juga korban kebakaran Mulyadi saat membersihkan lapak dagangannya yang terbakar, Jum'at pagi (21/2/2020).

Mulyadi menuturkan, rumah dan lapak dagangan yang tepat berada di samping Balai Desa Kuala Dua yang terbuat dari kayu membuat api berkobar dengan hebat. Suasana semakin mencekam saat api mulai merembet ke rumah warga dan lapak dagangan lainnya. 

"Pemadaman baru berhasil dilakukan sekitar setengah jam yang di bantu dari personil Polres Kubu Raya setelah warga dan Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, S.Ik. MH menghubungi petugas pemadam kebakaran yang membawa beberapa unit mobil damkar", tuturnya. 

Mulyadi sendiri yang kesahariannya menjual kelapa parut mengalami kerugian kurang lebih Rp.12 Juta.

Sementara itu Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan, tahap awal kami akan memberikan surat pengantar kepada warga (korban) untuk mengurus segala kerugian yang dialami korban. Setelah itu kata juga akan membentuk posko kebakaran, dengan harapan adanya partisipasi masyarakat untuk membantu korban kebakaran, baik materi maupun tenaga. 

"Setelah mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 03.30 saya bersama jajaran Desa Kuala Dua langsung meluncur ke Tepat Kejadian Perkara (TKP). Kedepannya Kita juga  akan mendata nama-nama warga yang menjadi korban kebakaran agar bisa mendapatkan bantuan di Dinas Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Kubu Raya", kata Kepala Desa Kuala Dua Abbas, S.Ag di rung kerjanya.

Abbas menjelaskan, berdasarkan pendataan sementara, rumah warga yang terbakar ada empat unit dan lapak dagangan sebanyak empat unit. 

"Tidak ada korban dalam kejadian ini, sementara kerugian masih dalam perhitungan kami," jelasnya.

Ditempat terpisah Sektetaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam turut simpati terhadap warga yang menjadi korban kebakaran di Desa Kuala. 

"Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un. Semoga warga yang terkena musibah diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini serta korban bisa bangkit kembali", tulis Sekda Kubu Raya Yusran Anizam, S.Sos. M.Si melalui WhatsApp Messanger (WA) pribadinya. 

Yusran mengatakan, melalui kewenangan penuh dari Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH, pihaknya juga akan memfasilitasi terkait pemberian Bantuan Sosial (Bansosnya) agar warga bisa secepatnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah.

"Nanti saya akan koordinasikan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama pemadam kebakaran. Mungkin bantuan yang akan diberikan nantinya tidaklah seberapa, namun setidaknya bisa membantu dan meringankan beban bagi para korban kebakaran ini", pungkasnya. 

Berikut nama-nama warga yang menjadi korban kebakaran. 

4 Rumah warga.
1. Deden 
2. Iwan 
3. Ismail 
4. Haidir 

4 Lapak Dagangan.
1. Mulyadi - Usaha Parut Kelapa 
2. Asnol - Usaha Lelong 
3. Abdul Qadir - 
4. Ismadi - Garasi 

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan.....

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan.....

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00