• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap TNI & Polri

Resmi Terbentuk, Polres Kubu Raya Segera Menata Kelembagaan dan Mantapkan Harkamtibmas

19 November
12:20 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya: Setelah melalui tahapan dan koordinasi panjang, Polisi Resort (Polres) Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) yang bermarkas di Graha Pramuka Kalbar diresmikan Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH MH, Selasa (19/11/2019).

Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs Didi Haryono mengatakan, peresemian Polres Kubu Raya ini sebenarnya sudah lama dilakukan, namun dapat terealisasikan sekarang ini untuk membantu prosperity (kemakmuran) yang menjadi tanggung jawab Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H. beserta seluruh perangkatnya dan Polres Kubu Raya ini membawahi 10 Polsek. Tentunya ini sejalan dengan program Presiden yang disikapi untuk memotong birokrasi yang berbelit-belit.

“Sebelum Polres Kubu Raya ini terbentuk, wilayah hukum Kubu Raya mendapatkan pengamanan dari 2 Polres yaitu Polresta Pontianak dan Polres Mempawah. Untuk Polresta Pontianak membawahi Polsek yang berada di daratan diantaranya Polsek Sungai Raya, Polsek Rasau Jaya, Polsek Sungai Kakap, Polsek Sungai Ambawang, Polsek Kuala Mandor B dan Polsek Kawasan Bandara Supadio Pontianak, sedangkan Polres Mempawah membawahi 4 wilayah pesisir Kubu Raya diantaranya Polsek Teluk Pakedai, Polsek Terentang, Polsek Kubu dan Polsek Batu Ampar. Dengan diresmikannya Polres Kubu Raya, maka secara otimatis 10 Polsek yang tersebar di 9 Kecamatan dan 1 wilayah Bandara sudah masuk ke dalam Polres Kubu Raya”, ungkap Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono SH, MH usai menggelar syukuran dan peresmian Polres Kubu Raya di Graha Pramuka Kalbar Kabupaten Kubu Raya, Selasa (19/11/2019).

Kapolda Kalbar menambahkan, dengan berdirinya Polres Kubu Raya ini untuk melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Polri yaitu Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) mulai dari keamanan dan ketertiban, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta menegakkan hukum.

“Apa yang menjadi program bapak Bupati Kubu Raya dan Gubernur Kalbar di wilayah Kubu Raya ini tentunya harus dikawal, dijaga, diiringi jangan sampai terganggu apalagi diganggu”, tegas Kapolda Kalbar.

Di tempat yang sama, Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana mengatakan, suatu kehormatan bagi dirinya yang telah menjadi bagian penting dari berdirinya Polres Kubu Raya untuk membangun pondasi kuat bagi pelaksanaan tugas Polri di Kabupaten termuda di Kalbar ini yang memiliki karekteristik tersendiri sebagai penyanggah Ibukota Provinsi yaitu Kota Pontianak. 

"Polres Kubu Raya menyambut program kebijakkan Polri dalam penguatan program Polri yang modern menuju Indonesia maju yang berlandasan pada Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yaitu mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul, menata kelembagaan, memantapkan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), menegakkan hukum secara profesional dan berkeadilan, melakukan manajemen media, menguatkan sinergi polisional dan memperkuat pengawasan di segala bidang”, ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana, S.I.K, MH.

Kapolres menuturkan, untuk saat ini Polres Kubu Raya memiliki 425 personil dengan dilengkapi kendaraan untuk Patroli, Bhabinkamtibmas, Sabara dan Sampta untuk menunjang anggota untuk melakukan pengamanan di wilayah Kubu Raya.

“Harapan besar saya yang memimpin sementara di Polres Kubu Raya ini, meminta kepada seluruh anggota tidak melakukan kegiatan yang melanggar aturan, baik yang diatur dalam kode etik maupun profesi Polri”, imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, adanya Polres Kubu Raya ini merupakan suatu hal yang sangat didambakan sejak lama oleh masyarakat Kubu Raya. Bagaimanapun, keberadaan Polres Kubu Raya ini akan menjadi satu indikator dan upaya untuk Kamtibmas dan percepatan kondisi yang jauh lebih maksimal untuk mengawal proses pembangunan lebih efektif dan cepat.

“Yang pasti, hadirnya Polres Kubu Raya ini menggerakkan masyarakat untuk kesadaran hukum yang lebih baik. Kita di Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tentunya sangat bahagia karena Polres Kubu Raya ini akan menjadi salah satu indikator untuk meningkatkan kegiatan ekonomi yang berjalan aman dan maksimal. Karena semua ini merupakan kebutuhan sehingga menjadi upaya untuk memperkuat ekonomi, apalagi Kubu Raya berada di hinterland dan penyangga ibukota dan dengan dinamika yang sangat cepat serta jumlah penduduk sangat besar yang saat ini 605.000.000 jiwa dan 166.000 rumah tangga dengan luas 700.000 hektar”, ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H.

Bupati menjelaskan, dengan wilayah perairan yang mencapai 45 persen, sehingga secara otomatis dengan berbagai tantangan tentulah bagi Kabupaten yang baru 12 tahun terbentuk dari Kabupaten Mempawah ini ingin berlari lebih kencang, berproses lebih cepat dan bertindak lebih nyata.

“Tentu dengan adanya Polres Kubu Raya ini, saya yakin energi larinya pada pembangunan dan percepatan yang lebih kencang serta prosesnya lebih cepat yang pada akhirnya tentu harapan kita dapat mengurangi pengangguran. Sesuai dengan arahan bapak Presiden, yaitu bagaiman kita menggerakkan semua investasi Pemerintah maupun swasta ini untuk membuat orang semua bekerja sehingga tidak banyak lagi yang mengganggur, secara otomatis desa-desa juga diberdayakan dan pada akhirnya tidak ada ketimpangan ekonomi dan sosial yang semuanya akan bermuara pada pembangunan yang berkeadilan”, pungkasnya.

Kegiatan yang diawali dengan Upacara, dilakukan penandatanganan prasasti Polres Kubu Raya, pembukaan selubung papan Polres Kubu Raya, pengguntingan pita, ramah ramah serta pengenalan penjabat di jajaran Polres Kubu Raya.

Peresmian yang dimulai dengan Upacara ini juga dihadiri Kapolres dan Kapolresta se-Kalimantan Barat, Polsek se-Kabupaten Kubu Raya, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, SE, sejumlah Pimpinan Organisasi Perangakat Daerah (OPD) dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00