• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosial

Pemkab Kubu Raya Apresiasi Seluruh Cakades dan Peran PPKD, Panwas serta Warga Sukseskan Pilkades Serentak 2019

17 November
15:29 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya: Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Kubu Raya Kalimatan Barat (Kalbar) tahun 2019 sudah selesai dilakukan dengan aman, lancar dan sukses. Kondisi ini tidak terlepas dari peran Calon Kepala Desa (Cakades), Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia Pengwas (Panwas) yang sudah ikut berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan 6 tahunan ini, sehingga pasca rapat pleno perhitungan suara yang dilakukan 60 PPKD di setiap Desa yang tersebar di 9 Kecamatan pada hari Sabtu (16/11/2019) sore dapat menghasilkan Kepala Desa terpilih pilihan warga.

Kepala Seksi (Kasi) Tata Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya Budi Mulyono mengapresiasi kepada seluruh Cakades yang tersebar di 60 Desa yang ikut meramaikan kontestasi Pilkades serentak ini, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan baik, aman, lancar dan sukses. Selain itu dirinya juga mengapresiasi peran PPKD dan Panwas yang menjadi bagian penting dari suksesnya Pilkades serentak ini.

“Saya mewakili Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mengapresiasi kepada seluruh Cakades yang ikut meramaikan kontestasi Pilkades serentak tahun 2019 karena para Cakades ini telah mengikuti tahapan demi tahapan Pilkades dengan baik dan sesuai aturan hingga pada terpilihnya Kepala Desa berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara yang dilakukan PPKD di masing-masing Kecamatan. Selain itu kami juga mengapresiasi kerja keras dari teman-teman PPKD dan Panwas di 60 Desa yang telah membantu kami mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak ini”, ungkap Kepala Seksi (Kasi) Tata Pemerintahan Desa Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya Budi Mulyono, S.P, M.Si, di Pontianak, Minggu (17/11/2019).

Budi menuturkan, dari 60 Desa yang ikut Pilkades serentak ini, pasca perhitungan suara, pihaknya terus memonitoring personil yang ada di lapangan dan monitoring dari tingkat Kabupaten dan semuanya sudah sangat baik hasilnya. Artinya pesta demokasi ini dapat dilaksanakan dengan riang gembira dan masyarakat juga sangat besar dalam memberikan suaranya. Kondisi ini dapat dilihat dari partisipasi masyarkat yang memberikan hak suaranya dengan rekapitulasi Pilkades ini sangat tinggi sekali.

“Kami dari DSPMD selanjutnya akan melakukan tindak lanjut terhadap hasil pemungutan suara sampai dengan penetapan Kades terpilih. Untuk Kades terpilih nantinya setelah kami melakukan kajian berdasarkan laporan dari PPKD dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setelah melalui Camat, maka nantinya kita akan melakukan untuk proses penerbitan keputusan Bupati Kubu Raya terkait Kades terpilih. Untuk penetapan Kades terpilih, kita harapkan seluruh PPKD di 60 Desa sudah bisa menyampaikannya kepada DSPMD, dan DSPMD Kubu Raya melalui tim kami nantinya akan melakukan verifikasi faktual terhadap hasil rekapitulasi suara dan penetapan Kades terpilih, mulai dari tahapan persiapan, pencalonan, pemungutan suara sampai pada penetapan Kades terpilih”, tuturnya.

Budi menjelaskan, rencananya untuk pelantikan Kades terpilih kalau tidak ada halangan akan dilakukan pada awal atau paling lambat pertengahan bulan Desember mendatang pelantikan Kades terpilih sudah bisa dilakukan pelantikan oleh Bupati Kubu Raya di aula Kantor Bupati. Berdasarkan hasil yang sudah keluar dari rekapitulasi perhituangan suara melalui laporan-laporan PPKD secara lisan dari rekapitulasi di 60 Desa pihaknya sudah mendapatkan datanya dan sudah diketahui siapa Kades terpilih pilihan warga.

“Sampai saat ini hanya terdapat satu Desa yaitu Desa Sepakat Baru Kecamatan Kubu Raya yang memperoleh suara yang sama antara Khalilah dengan H. Mui, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami akan melakukan penelitian mendalam terkait dengan dokumen. Karena sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 65 tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa yang berbunyi, jika terdapat perolehan suara yang sama akan dilakukan kajian lebih mendalam”, jelasnya.

Budi mamparkan, Pilkades serentak ini merupakan pesta demokarsi yang merupakan amanah Undang-undang untuk melahirkan pemimpin Desa setelah melalui tahapan yang panjang. Maka sambutlah pemimpin Desa ini dengan riang gembira.

“Jika selama ini terjadi perbedaan pilihan, tentunya hal ini jangan dijadikan persoalan karena sekarang sudah tepilih Kepala Desa untuk memimpin Desa. Untuk saya meminta kepada seluruh masyarakat di 60 Desa, mari kita bangun Desa bersama-bersama dan jangan sampai ada lagi perkotak-kotakan. Bagi yang menang, jangan terlalu bereuporia dengan kemenangan dan bagi yang kalah bisa membantu Kades yang menang untuk bersama-sama membangun Desanya masing-masing. Karena Desa bukan milik Kepala Desa tapi Desa merupakan milik kita semua dan siapaun bisa berbuat apa saja demi kemajuan Desa kita”, imbuhnya.

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00