• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kesehatan

Pangdam XII Tpr ; Rumah Sakit TNI Terus Membuka Diri Layani Pasien Umum JKN KIS

8 November
10:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Secara umum  TNI yang terdiri dari unsur Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dan PNS beserta Keluarga sejak 2014 sudah menikmati pelayanan BPJS Kesehatan

“Dari beberapa pelayanan yang ada di BPJS di wilayah Kodam XII Tanjungpura secara umum sudah tertangani oleh BPJS. Bahkan dari pelaksanaannya Kodam juga sudah menyampaikan beberapa keluhan yang dialami prajurit dan kesemuanya sudah ditampung oleh BPJS Kesehatan”, ungkap . Pangdam XII Tanjungpura saat membuka Sarasehan BPJS Kesehatan  Bersama TNI Yang bertemakan “Motivasi Pola Hidup Sehat dan manfaat Menjadi  Peserta Program  JKN-KIS  Disaat Sehat” di Pontianak, Kamis (7/11/2019).

Oleh karenanya kegiatan Sarasehan BPJS Kesehatan  Bersama TNI ini sangat baik, karena melalui sosialisasi dapat meningkatkan peran BPJS di dalam  pelayanan terhadap prajurit.

“TNI sendiri sebenarnya ada beberap rumah sakit yang menjadi rujukan BPJS, dalam pelaksanaannya  ternyata memang animo masyarakat juga ternyata masyarakat  yang berobat di rumah sakit-rumah sakit TNI dengan memanfaatkan fasilitas BPJS yang ada, ini tentunya tidak lepas dari tugas TNI sebagai salah satu pembina potensi masyarakat di wilayah maka kamipun tentunya membuka diri untuk bagaimana merawat atau mengobati pasien-pasien yang berasal dari masyarakat, khususnya yang menggunakan BPJS kesehatan”, paparnya.

Pangdam menyatakan hal itu tentu menjadi tugas dan tanggungjawab jajaran kesehatan yang ada di wilayah di Kodam XII Tanjungpura, baik Rumah sakit Angkatan Darat maupun  Rumah sakit Angkatan Laud dan Angkatan Udara yang kesemuanya malayani pasien-pasien masyarakat. Komitmen yang baik ini tentunya dapat membantu kesejahteraan masyarakat, khususnya dibidang kesehatan di wilayah provinsi  Kalimantan Barat.

Pangdam mengharapkan kerjsama yang sudah terjalin ini kedepan dapat ditingkatkan secara profesional lagi, sehingga kendala-kendala yang terkjadi di lapangan kedepan dapat dieliminir dan pelayanan yang diberikan akan semakin baik.

Pada kesempatan yang sama Deputi Direksi Wilayah Banten Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan Fachrurrazi menjelaskan, lebih dari 225 juta jiwa rakyat Indonesia telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat-JKN KIS dari berbagai segmen masyarakat, termasuk personil TNI dan ASN Kementerian Pertahanan beserta anggota keluarga yang telah menjadi anggota JKN KIS sejak BPJS  beroperasi 1 Januari 2014.

Sudah semestinya BPJS Kesehatan sangat mengapresiasi atas kontribusi jajaran TNI dan Kemenhan dalam memperkuat kegotongroyongan program JKN KIS. Bahkan BPJS Kesehatan merasa terbantu selama kemitraan dengan TNI, terutama terkait kerjasama BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan milik TNI di seluruh Indonesia yang semakin memperluas akses pelayanan kesehatan masyarakat. Fachrurrazi menekankan agar kerjasama ini dapat dipererat untuk mendukung kualitas layanan peserta JKN KIS di seluruh Indonesia.

“Tidak hanya sebatas pelayanan kuratif , namun juga preventif promotif guna mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup aktif dan pola hidup sehat sejak dini demi terwujudnya  Indonesia sehat  saat ini dan yang akan datang”, tegas Fachrurrazi.

Fachrurrazi mengatakan meningkatkan kepesertaan, BPJS Kesehatan telah mengembangkan sistem berupa aplikasi mobile JKN yang diharapkan dapat mempermudah pelayanan bagi peserta TNI-Polri. Oleh karenanya demi kemudahan masyarakat dalam menikmati  layanan BPJS Kesehatan, jajaran BPJS kesehatan menghimbau kepada peserta untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi mobile JKN Fachrurrazi pastikan aplikasi mobile JKN mampu mengakomodir semua kebutuhan peserta program JKN. (Hermanta).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00