• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Bupati Muda: Pilkades Serentak Tahun 2019 Merupakan Potret Demokrasi di Kubu Raya

6 November
15:52 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya: Pelaksanaan Pemilihan kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) yang berlangsung serentak tanggal 16 November 2019 tinggal 14 hari atau 2 minggu lagi. Berbagai persiapanpun terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan menggelar Rapat Evaluasi kedua Pelaksanaan Pilkadea serentak agar pelaksanaannya berjalan jujur, adil, aman dan damai.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Pilkades serentak tahun ini merupakan Pilkades pertama dengan jumlah peserta cukup besar yang berjumlah 60 Desa  yang tersebar di 9 Kecamatan, tenyunya kondisi ini merupakan potret demokrasi di Kabupaten termuda di Kalbar itu. Untuk itu Bupati mengajak semua pihak bisa mengawal ini dengan baik sehingga berjalan dengan lancar. 

"Meskipun persyaratan calon-calon semuanya sudah ada, mulai dari persyaratan Bakal Calon Kepala Desa sampai menjadi Calon Kepala Desa yang sudah ditetapkan. Terlepas dari berbagai hal, tentunya kita harus memandang ini sama-sama merupakan bagian untuk memperjuangkan percepatan-percepatan Desa dan ini semua harus dilihat dari konteks sesuai dengan arah kebijakan Kubu Raya, Provinsi Kalbar dan juga Pemerintah Pusat bagaimana mempercepat terwujudnya Desa mandiri dan Desa-desa itu mampu meninggalkan status Desa tertinggal dan sangat tertinggal", ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H usai menghadiri Rapat Evaluasi kedua Pilkades serentak di ruang rapat Bupati, Rabu (06/11/2019).

Bupati menilai, dari sisi adab demokrasi atau demokrasi lokal seperti pelaksanaan Pilkades serentak ini juga menjadi potret apakah Desa ini modal sosial politiknya sudah mampu untuk tertata dari segi Pelaksanaan Pilkades yang Jujur, Adil, Fair, yang dilakukan dengan cara dan pola-pola serta berlangsung dengan kebesaran fikiran. Tidak dipungkiri, setiap orang beekompetisi siapapun dia sudah pasti tidak ingin kalah dan pasti ingin unggul. Namun dirinya berharap semua tentu dengan fikiran dan niat baik untuk memajukan desa dan mempercepat kehidupan desa itu jauh lebih baik dengan diberikan kewenangan pengelolaan anggaran dan juga kebijakan. 

"Kita harapkan Pilkades ini menentukan masa depan desa semuanya dan potretnya ada pada proses pelaksanaan Pilkades ini. Jadi semua pihak pendukung dan juga masyarakat kita harapkan juga Dewasa dalam berpolitik dan maksakan sesuatu yang sudah jelas-jelas sesuatu itu harus dipahami karena ada aturannya, koredornya, ada asasnya dan ada prinsip-prinsip hukumnya dan kita semua harus bijak menyikapi semua ini", harap Bupati. 

Bupati Muda menjelaskan, Pemerintah Kubu Raya secara fikiran besar menyikapinya dengan bijak agar semua ini dapat terlaksana dengan baik. Bupati juga mengharapkan semua pihak untuk tidak arogansi dalam menyikapi apapun.

"Saya kira, baik Pemerintah, TNI/Polri kita sama-sama mengawal dengan potret demokrasi ditingkat basis masyarakat dan inilah yang bisa menentukan percepatan-percepatan Desa kedepan bisa kita kejar. Persiapan yang kita lakukan ini merupakan bagian dari koordinasi dan nantinya Camat juga bisa langsung berkoordinasi dengan masing-masing PPKD Desa untuk memastikan berapa hal yang tadi bahas bahas pada rapat evaluasi hari ini", pungkas Bupati. 

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00