• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

10 Hari Jelang Pilkades Serentak, Pemkab Kubu Raya Pastikan Pendistribusian Logistik Tepat Waktu

6 November
14:50 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya: Jelang 10 hari pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa terus mematangkan dan melakukan pemetaaan terkait pendistribusian logistik dengan menggelar Rapat Evaluasi kedua Pelaksanaan Pilkedes serentak tahun 2019 di ruang rapat Bupati Kubu Raya, Rabu (06/11/2019).

Pelaksanaan Pilkades serentak ini akan digelar pada hari Sabtu 16-November-2019 ini adanya akan diikuti 65 Desa, namun mengingat 5 Desa persiapan belum mendapatkan kode Desa, maka Pilkades serentak ini diikuti 60 Desa yang tersebar di 9 Kecamatan. 

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Kubu Raya dr. Nursyam Ibrahim, M.Kes mengatakan, terkait pelaksanaan Pilkades serentak berdasarkan hasil kkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) dan Panitia Pengawas (Panwas) di setiap Kecamatan disepakati PPKD dan Panwas bersama 1 petugas dari aparat keamanan mengambil pendistribusian logistik dengan pengawalan, melalui termasuk transportasi sungai.

"Keperluan logistik, mulai dari kotak suara dan perlengakapan lainnya termasuk kertas suara harus sampai ke sekretariat PPKD di 60 Desa penyelenggara Pilkades serentak. Kondisi saat ini sudah kami sampaikan di 9 Kecamatan pada saat Bimtek, namun tentu bisa terjadi hal-hal diluar rencana mungkin kami berharap kepada Camat bisa mengkonsolidasikan kembali apa yang telah kita lakukan pada Bimtek 9 Kecamatan beberapa waktu lalu", ungkap Kepala DSPMD Kabupaten Kubu Raya dr. Nursyam Ibrahim, M.Kes saat menghadiri Rapat Evaluasi kedua Pelaksanaan Pilkedes serentak tahun 2019 di ruang rapat Bupati, Rabu (06/11/2019).

Nursyam juga berharap kepada seluruh Camat untuk terus memonitor dan pastikan kalau PPKD sudah siap untuk menjemput logistik, meski sudah ada komitmen yang disampaikan oleh masing-masing PPKD dan pihaknya tidak menginginkan keteledoran dari PPKD atau Miscommunication sehingga logistik ini mengendap di Kecamatan. 

"Untuk itu diperlukan penajaman mekanismenya kepada seluruh PPKD di masing-masing Kecamatan. Adapun hal yang lainnya terkait teknis pendistribusian logistik, untuk distribusi logistik di daerah perairan (pesisir) akan dilakukan pada H-7 sedangkan untuk Desa-desa yang tidak terlalu jauh pendistribusian logistik akan dilakukan pada H-3 dan pihaknya pastikan semua logistik ini benar-benar sampai di masing-masing Desa, sedangkan untuk logistik di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan teknis dari masing-masing PPKD", tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Rapat evaluasi ini dilakukan untuk memastikan persiapan yang menjadi tanggungjawab PPKD Kabupaten, Kecamatan maupun Desa agar bisa menjamin terlaksananya Pilkades serentak dengan tertib dan juga hal-hal yang perlu dikoordinasikan dengan Camat, Polsek, Danramil dan jajaran di Babinkamtibmas terkait pendistribusian kotak dan surat suara yang sudah harus sampai pada H-3 dan juga termasuk pendistribusian logistik Pelaksanaan Pilkades serentak di daerah-daerah terjauh.

"Rapat ini juga membahas terkait dengan waktu pelaksanaan Pilkades serentak yang jamnya sangat singkat dan jumlah pemilihnya banyak, mengingat untuk 1 Tempat Pemungutan Suara (TPS) diperuntukan untuk 1.000 pemilih, sehingga kita perlu mengantisipasi waktunya jangan sampai pemilih memberikan hak suaranya melebihi waktu yang telah ditentukan supaya pelaksanaan bisa berjalan tertib", ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H.

Bupati Muda menjelaskan, dalam Rapat ini juga dibahas tentang hal-hal yang berjalan dengan syarat pemilih. Bupati mencontohkan adanya syarat selama 6 bulan berdomisili sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) harus ada surat keterangan penduduk, sehingga hal ini jangan sampai menimbulkan pesoalan di masyarkat. Yang pasti, persiapan ini juga terkait dengan bagaimana fasilitasi-fasilitasi yang sudah disiapkan.

"Untuk PPKD Kabupaten, Kecamatan dan Desa termasuk pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades serentak, kami berharap dan saya tentu selaku Bupati, ini Pilkades pertama dengan jumlah peserta cukup besar sebanyak 60 Desa ini merupakan potret demokrasi di Kabupaten termuda di Kalbar itu", pungkasnya. 


Rapat Evaluasi kedua Pelaksanaan Pilkades serentak yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri perwakilan Polresta Pontianak, Polres Mempawah, Camat, Kapolsek dan Danramil di masing-masing Kecamatan serta jajaran di DSPMD kabupaten Kubu Raya. 

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00