• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Pimpin DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah Segera Menyelesaikan Pembahasan RAPBD Tahun 2020

4 November
14:56 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya: Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) secara resmi ditetapkan melalui Rapat Paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kubu Raya priiode 2019-2024.

Penetapan Pimpinam DPRD Kabupaten Kubu Raya ini berlangsung di gedung Qubu Resort Jalan Sorkarno Hatta Kabupaten Kubu Raya, Senin (04/11/2019) ini dipimpin Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mempawah Putu Ayu Sudariasih dan dihadiri Bupati Kubu Raya H, Muda Mahendrawan, S.H.

Adapun ke empat Pimpinan DPRD definitif yang dilantik ini diantaranya H. Agus Sudarmansyah, S.Ipem, M.Si dari Partai Dekokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Ketua DPRD, Ir. Usman dari Partai Demokrat sebagai Ketua DPRD, Suharso, S.IP, M.H dari Partai Golongan Karya (Golkar) sebagai Wakil Ketua DPRD dan H. Yuslanik, S.Pd.I dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai Wakil Ketua DPRD.

Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah mengatakan, pasca pelantikan ini, agenda yang paling prioritas bagi pimpinan dan anggota DPRD untuk segera menyelesaikan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2020. Yang mana beberapa waktu lalu, prosesnya sudah dimulai yang dilakukan oleh pimpinan DPRD sementara terkait Pra RAPBD mulai dari penyampaian nota keuangan Bupati, pandangan fraksi dan jawaban Bupati.

“Karena adanya keterbatasan kewenangan pimpinan sementara, maka pembahasan RAPBD nya harus dibahas oleh Alat Kelengkapan Dewan (AKD), mengingat berdasakan Undang-undang, bahwasanya AKD itu terbentuk setelah ditetapkannya pimpinan DPRD defenitf. Maka pada agenda hari ini, terdapat 3 agenda, selain pengambilan sumpah/janji pimpinan DPRD, juga akan dilakukan pelantikan saudara M. Yani, S.E terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) yang selanjutkan akan dilakukan Rapat Paripurna internal terkait pengesahan Tata Tertib DPRD dan pengesehan Alat Kelengkapan Dewan”, ungkap Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya H. Agus Sudarmansyah, S.Ipem, M.Si usai Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kubu Raya dalam rangka pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kubu Raya 2019-2024 di Qubu Resort Kubu Raya, Senin (04/11/2019).

Sementara itu, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H menilai, kepemimpinan DPRD ini memang sudah harus di definitifkan dan selesai terkait kepastian hukum terhadap proses legeslasi DPRD, penyusunan Peraturan Daerah (Perda) dan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta kebijakan-kebijakan lainnya.

"Prinsipnya, DPRD sebagai lembaga yang menampung aspirasi masyrakat harus tetap berjalan sesuai dengan koredor rel Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah disepakati dan dokumennya ada. Karena pemahaman masyarakat dan publik saat ini terhadap RPJMD baik kabupaten, Provinsi maupun pusat lebih banyak masyarakat dan elemen yang memahaminya, sehingga kita harus tahu bahwa kita selalu dilihat, dipantau dan dilihat oleh publik. Apakah kita keluar dari koredor atau tidak? Sebenarnya semua ini tidak sulit karena relnya dan RPJMD sudah ada serta rem rencana strategisnya sudah di susun", jelas Bupati.

Rapat Paripurna ini juga dihadiri Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E, Sekretaris Daerah Yusran Anizam,  S.Sos, M.Si, Ketua Dekranasda Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan, Ketua GOW Kubu Raya Atzeby Yatu Lensi Sujiwo, Ketua TP PKK Kubu Raya Indah Diyah Setyasari Yusran Anizam, Forkopimda Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah, Anggota DPRD Kubu Raya dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Ketua dan Komisioner KPU serta Ketua dan Komisioner Bawaslu Kubu Raya serta sejumlah Pimpinan Partai Politik.

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00