• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Wisata & Kuliner

Pemkab Kubu Raya Jadikan Perayaan Robo-robo Sebagai Even Wisata Relegi Unggulan

23 October
14:49 2019
2 Votes (5)

KBRN, Kubu Raya - Ribuan masyarakat dari berbagai penjuru di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) tumpah ruah untuk tidak melewatkan rangkaian demi rangkaian acara puncak Pekan Raya Robo-robo tahun 2019 yang dipusatkan di pasar Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap, Rabu (23/10/2019).

Perayaan Robo-robo yang dilakukan setiap tahun pada hari Rabu diakhir bulan Safar di tahun Hijiriah itu selalu menjadi magnet bagi masyarakat serta wisatawan mancanegara untuk menyaksikan langsung Pekan Raya Budaya Robo-robo. Kondisi ini tentunya sudah menjadi acara budaya yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama istri Rosalina yang tiba di tempat kegiatan pukul 08.30 Wiba mendapatkan sambutan hangat dari ribuan masyarakat yang sudah menunggu sejak pukul 07.00 Wiba di pasar Sungai Kakap.

Kegiatan yang berlangsung tepat pukul 09.00 wiba ini dibacakan tempat tilas sejarah singkat Perayaan Ritual budaya Robo-robo yang telah melegenda sejak ratusan tahun silam dan  kegiatan ini juga dihadiri Ketua Dharma Wanita Kubupaten Kubu Raya Diyah Indah Setiyasari Yusran Anizam, Ketua DPRD Kubu Raya sementara Zulkarnaen SP, Muspika Kecamatan Sungai Kakap, Camat Sungai Kakap Rusdety Dan Kepala Desa Sungai Kakap yang juga Ketua Panitia Pekan Raya Robo-robo Hendri Oktavia.

Kepala Desa Sungai Kakap Hendri Oktavia mengharapkan kepada Pemerintah Daerah untuk mendirikan Pendopo Robo-robo di Sungai Kakap, agar hal ini bisa menjadi wadah pertemuan dan musyawarah. 

"Berkaitan dengan perayaan Pekan Raya Robo-robo ini, Sungai Kakap sudah dikenal dengan pariwisatanya, dua diantaranya wisata kuliner dan wisata religius. Selain itu, kami selalu mendapatkan amanah dari tokoh masyarakat dan tokoh agama agar di Kecamatan Sungai Kakap ini didirikan Pendopo. Untuk kami meminta kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya agar dapat menganggarkan pendirian Pendopo di Sungai Kakap ini sebagai wadah untuk digelarnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes)", ungkap Kepala Desa Sungai Kakap Hendri Oktavia saat menyampaikan laporannya pada perayaan Pekan Raya Robo-robo di Sungai Kakap, Rabu (22/10/2019).

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, S.H mengatakan, Perayaan ritual Robo-robo ini merupakan peradaban panjang yang unggul yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu yang selalu menjadi magnet untuk orang berkumpul sehingga terciptanya kebersamaan untuk bisa saling membahagiakan, memberi dan saling mendo'akan agar selamat dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. 

"Momen Robo-robo ini menjadi suatu gerakan yang kemudian muncul menjadi Budaya dan tradisi. Semua ini juga merupakan suatu wisata daerah dan Kubu Raya akan menjadikan Perayaan Robo-robo ini sebagai even wisata unggulan karena semuanya secara masif sudah mengakar ke anak-anak genarsi sekarang.  Untuk itu, bagi Pemkab Kubu Raya even ini sangat penting dan mendasar serta di sinilah kita membangun indentitas daerah kita. Apalagi Kubu Raya ini dilewati 3 Muara diantaranya, Muara Kakap, Muara Kubu dan Muara Sungai Kapuas tentunya daerah ini menjadi daerah yang dikelilingi sungai yang panjang", ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

Bupati Muda menuturkan, Kubu Raya saat ini sedang berlari lebih kencang, berproses lebih cepat dan bertindak lebih nyata agar dengan perayaan Robo-robo daerah ini mampu membangun peradaban unggul untuk terus dilestarikan. Karena perayaan Robo-robo ini tidak hanya dilakukan di Kecamatan Sungai Kakap saja, namun juga dilakukan di Kecamatan Kubu, Teluk Pakedai, Batu Ampar, Sungai Raya dan Kecamatan Kuala Mandor B.

"Kondisi ini membuktikan Robo-robo di Sungai Kakap ini telah mampu menularkan ke daerah-daerah lainnya dan ini merupakan suatu keberhasilan yang sungguh luar biasa. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan bahwa saat ini Kubu Raya sedang berupaya agar sebagian besar Desa-desa kita agar mampu mempercepat Desanya terhadap program-program yang kita usung untuk Pendidikan seperti Bosda dan sebagainya, untuk kesehatan saat ini sudah berjalan dan terus kita kuatkan lagi supaya masyarakat kita sehat dengan pelayanan yang bebas biaya melalui Puskesmas dan Pustu kemudian juga peyanan Selasa Jum'at (Salju) dan inilah upaya kita dalam mempercepat program pemberdayaan masyarakat. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama istri Rosalina yang tiba di tempat kegiatan pukul 08.30 Wiba mendapatkan sambutan hangat dari ribuan masyarakat yang sudah menunggu sejak pukul 07.00 Wiba di pasar Sungai Kakap.“Target tahun depan mudah-mudahan akan lebih meriah. Kita berupaya supaya mudah-mudahan tahun ini bisa menata pasar dulu. Karena kalau pasar sudah ditata, itu akan lebih mudah menyusun di mana kira-kira tempat yang tepat. Kita coba lakukan desain dulu,” paparnya.

Orang nomor satu di Kubu Raya ini menuturkan, momen Robo-robo sangat penting. Dengan waktu pelaksanaan cukup panjang, warga mendapatkan peluang ekonomi yang besar. Menurutnya, efek domino Robo-robo sangat terasa bagi semua elemen. Selain itu, Robo-robo juga menjadi momentum tempat promosi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga kegiatan memberikan peluang yang sangat besar untuk berdagang. Termasuk para pedagang dari desa, dapat mencari relasi usaha di lokasi Robo-robo.

“Semoga kedepannya, kegiatan Robo-robo ini menampilkan produk UMKM dalam event ini, agar peluang ini terlihat oleh pasar. Kita sebenarnya punya UMKM banyak, tapi dalam ajang ini memang belum dikhususkan display-nya. Kedepannya akan dikoordinasikan dengan Dekranasda Kubu Raya,” tuturnya.

Bupati Muda menjelaskan, Pemkab Kubu Raya juga akan membuat even-even Desa dan mendorong agar melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menciptakan wisata-wisata Desa yang telah dikuatkan melalui Pemerintah Kabupaten. Sebagai langkah untuk lebih menguatkan identitas daerah melalui program unggulan. 

"Kegiatan Robo-robo ini juga akan terus kita tingkatkan sebagai identitas daerah. Sehingga kedapannya kita juga akan menata kembali pasar Sungai Kakap ini agar lebih representatif bagi para pedegang. Kerena Kegiatan ini juga memberikan dampak perekonomian yang sangat besar bagi masyarakat, yang mana sejak seminggu lalu para pedegang ini sudah mulai bermunculan dari berbagai daerah. Dan kita juga akan usahakan membuat Saung Robo-robo di Sungai Kakap ini sebagai wadah even Desa, sehingga para perayaan Robo-robo kedapannya bisa lebih meriah lagi. Insya Allah", jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kubu Raya sementara Zulkarnaen mengatakan, sudah selayaknya Desa Sungai Kakap ini memiliki Pendopo untuk perayaan Robo-robo, dan dirinya yakin Pemkab mampu merealisaikannya. Dengan adanya Pendopo Robo-robo ini juga akan menjadi kenang-kenangan dari Bupati Muda Mahendrawan untuk masyarakat Sungai Kakap. 

"Kami di legeslatif akan mendukung penuh pembangunan Pendopo Robo-robo ini, kerena sebagai Anggota DPRD Kubu Raya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sungai Kakap yang sudah 3 priode duduk akan merasa malu jika tidak mampu mewujudkan keinginan masyarakat untuk membangun Pendopo Robo-robo ini", paparnya.

Camat Sungai Kakap Rusdety mengatakan, dengan kegiatan Pekan Raya Robo-robo ini  Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan dan perlindungan kepada seluruh masyarakat Kubu Raya. Dirinya juga mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar segera merevitalisai pasar Sungai Kakap yang selalu menjadi wadah perayaan puncak Pekan Raya Robo-robo setiap tahunnya.

"Pasar Sungai Kakap ini selalu menjadi magnet dan icon daerah. Yang mana di pasar ini terdapat ratusan pedagang yang selalu memadati sepanjang tepian Sungai Kakap di setiap kegiatan Pekan Raya Robo-robo. Untuk itu kami mengharapkan kepada bapak Bupati agar bisa merevitaliasikan pasar Sungai Kakap ini menjadi pasar yang representatif, sehingga kedapannya pasar Sungai Kakap ini bisa menampung lebih banyak lagi pedagang pada acara yang sama tahun depan", ungkap Camat Sungai Kakap Rusdety.

Acara puncak Pekan Raya Robo-robo ini ditandai dengan melakukan papas tepung tawar yang terbuat dari beras yang dicampur kunyit kepada tamu undangan, sebagai ungkap rasa kegembiraan dan doa agar acara ini bisa berjalan dengan baik. Kegiatan ini juga dihibur dengan Tari Harmoni Kubu Raya yang ditampilkan siswi SMA Sungai Kakap dan ditutup dengan Joget Pesona Kubu Raya yang ditampilkan siswa/siswi mulai SD, SMP dan SMA Kecamatan Sungai Kakap.

Ditempat terpisah Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, S.E beserta istri Atzeby Yatu Lensi juga menghadiri perayaan Robo-robo di Dusun Sungai Adong Laut Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya. 

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00