• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Barat Hingga Triwulan III Tahun 2019 Telah Menyerahkan Santunan 26,3 M

22 October
21:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Barat telah menyerahkan santunan sebesar Rp 26,3 Milyar kepada ahli waris korban kecelakaan dalam kurun waktu Januari sampai dengan September 2019. Santunan yang telah diserahkan tersebut terdiri atas santunan meninggal dunia sebesar Rp.15,7 Milyar, santunan untuk korban luka-luka sebesar Rp.9,8 Milyar, santunan untuk korban Cacat Tetap Rp.532 juta, santunan biaya Penguburan sejumlah Rp.20 juta, biaya ambulance Rp 36 juta, dan biaya P3K sejumlah Rp 171 juta.

Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Barat, Regy S. Wijaya di Pontianak, Senin (21/10/2019), mengatakan bahwa besaran santunan korban kecelakaan sampai dengan Bulan September tahun 2019 mengalami penurunan sebesar 12,85 persen atau senilai Rp 3.9 Milyar jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018.

"Salah satu fakor penyebab penurunan jumlah santunan yang diserahkansampai dengan saat ini adalahpenurunan jumlah korban meninggal dunia yang mendapat santunan. Jumlah korban meninggal dunia mengalami penurunan dari 365 menjadi 308 korban jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun laludan secara keseluruhan jumlahkorban yang diserahkan santunannyajugamengalami penurunanmenjadi 1.020 korban, sementaratahunlaluadalah 1.050 korban", ujar Regy didampingi Kepala Unit Operasional dan Humas PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kalimantan Barat, Amnan Ghozali.

PT. Jasa Raharja (Persero) merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang menjalankan program perlindungan dasar terhadap korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan lalu lintas jalan.PT. Jasa Raharja (Persero) memiliki tugas pokok menyerahkan santunan bagi korban kecelakaan alat angkutan umum darat, laut dan udara dan korban kecelakaan lalu lintas jalan sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat. PT. Jasa Raharja (Persero) memberikan perlindungan kepada setiap orang termasuk warga negara asing yang masuk ke wilayah NKRI.

Disamping tugasnya menyerahkan santunan, PT. Jasa Raharja (Persero) juga mempunyai tugas pokok lain yaitu menghimpun dana berupa Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP)dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dikutip dari tiket yang dibayarkan oleh penumpang angkutan umum, penumpang pesawat udara, penumpang kapal laut, penumpang kereta apitermasuk penumpang kendaraan angkutan umum luar negeri yang masuk ke wilayah NKRI. Sedangkan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)dikutip dari pemilik kendaraan bermotoryang dikutip bersamaan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor setiap tahun. Terhadap kendaraan luar negeri yang masuk ke wilayah NKRI, SWDKLLJ dikutip ketika kendaraan tersebut memasuki wilayah NKRI melalui Pos Lintas Batas Antar Negara.

PT. Jasa Raharja (Persero) saat ini telah melakukan transformasi pelayanan berupa digitalisasi transaksi keuangan (Cashless Payment) sehingga penyerahan santunan tidak lagi diserahkan dalam bentuk tunai melainkan menggunakan sistemcashless, dimana  santunan langsung ditransfer kerekening korban/ahli waris korban melalui virtual account dan juga segala transaksi pembayaran dilakukan secara cashless. Agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal, PT. Jasa Raharja (Persero) telah bekerjasama dengan bank pemerintah sehingga pembayaran bisa dilakukan pada hari Sabtu/ Minggu/ hari libur.

Selain digitalisasi transaksi keuangan, PT. Jasa Raharja (Persero) juga telahmeluncurkan inovasi digital berupa aplikasi yang dikenal dengannama JRKu. Aplikasiyang diluncurkan pada tanggal 3 Mei 2019 inidapat digunakan oleh masyarakatuntuk mengajukansantunansecara online, melaporkanperistiwa kecelakaanlalu lintas jalan dan angkutan umum, dan memberikan informasi daerah rawan kecelakaan agar pengguna lain dapat berhati-hati apabila melalui daerah tersebut. Selain itu, aplikasi JRKu juga dapat digunakan olehwajib pajak untuk mengetahui besaran sumbangan wajib (SWDKLLJ) Jasa Raharja yang harus dibayar di Kantor Bersama Samsat saat membayar pajak kendaraan bermotor. Aplikasi JRKu dapat dengan mudah di unduh di Google Play Store untuk android dan App Store untuk IOS.

“Kami akan terus melakukan inovasi agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih maksimal”, imbuh Regy. (Hermanta).

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00