• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Gubernur Kalbar Minta Pemkab Kubu Raya Segera Percepat Pembahasan APBD 2020

17 September
21:34 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kubu Raya: Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyarankan agar DPRD Kubu Raya bisa segera melengkapi semua unsur yang ada di dalamnya, agar bisa segera membahas APBD 2020 bersama unsur eksekutif di kabupaten itu.

"Hari ini, anggota DPRD Kubu Raya telah dilantik dan sudah ditetapkan ketua dan wakil ketua sementaranya. Untuk itu saya sarankan kepada ketua dan wakil ketua sementara DPRD Kubu Raya agar segera melengkapi unsur kelengkapan dewan-nya agar bisa segera membahas APBD 2020, mengingat Kubu Raya belum menetapkannya dan jangan kemana-mana dulu ya," ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kubu Raya dalam agenda pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kubu Raya periode 2019-2024 di Qubu Resort, Selasa (17/09/2019)

Pada kesempatan itu, dirinya juga meminta agar tercipta harmonisasi antara DPRD Kubu Raya dan Pemkab Kubu Raya untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten termuda di Kalimantan Barat itu.

"Kubu Raya mengelilingi ibu kota provinsi dan sudah seharusnya kabupaten ini bisa melaju lebih cepat dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya," jelasnya.

Karena menurutnya, dengan adanya harmonisasi antara DPRD dan Pemkab Kubu Raya, dirinya yakin kabupaten ke-14 di Kalbar itu bisa melakukan berbagai percepatan dalam pembangunan.

"Potensi pertanian dan lain sebagainya sangat melimpah kabupaten ini, sehingga ini harus di optimalkan. Saya mengapresiasi pemkab Kubu Raya yang sudah bergerak cepat dalam mewujudkan kemandirian pangannya, karena jika pemkab Kubu Raya bisa mewujudkan swasembada pangan, maka ini bisa kunci percepatan pembangunan di Kubu Raya, karena ke depan negara yang memiliki kemandirian pangan akan menjadi negara yang kuat," paparnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD Kubu Raya sementara, Zulkarnaen dari PDI Perjuangan mengatakan, sesuai dengan mandat yang telah diberikan, dirinya bersama Wakil Ketua DPRD sementara, Teguh Wibowo dari Partai Demokrat mengatakan mereka akan seoptimal mungkin menjalankan tupoksi sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Dia menjelaskan, sesuai dengan ketentuan yang ada, tugas Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya sementara ini antara lain, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan raperda tentang tatib DPRD, memproses penetapan pimpinan DPRD devinitif.

"Kami juga mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh anggota dewan yang terpilih dan pihak eksekutiv serta masyarakat Kubu Raya agar para anggota lembaga legislatif yang baru dilantik pada untuk periode 2019-2024 bisa menjalankan amah dan melaksanakan aspirasi masyarakat yang telah memilihnya," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, S.H mengatakan, anggota DPRD yang dilantik tersebut adalah ini baru anggota Dewan, karena banyak visi paaripurna, visi perubahan, visi percepatan. Mengingat di era saat ini, yang merupakan era digital, era milenial, era discruption ini, tentunya kita memerlukan kecepatan dalam segala hal, termasuk kebijakkan, supaya cepat di implementasikan, cepat terealisasi sehingga masyarakat bisa cepat pula mendapatkan pelayanan publik.

“Investasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan investasi negara dan daerah, nilai baliknya adalah peningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga dapat pula meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan apa yang di sampaikan Gubernur tadi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kubu Raya saat ini berada pada urutan ke dua di Kalimantan Barat. Saya yakin ini akan lebih banyak lompatan lagi, karena kita sudah menyusun kebijakkan-kebijakkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPIM), dan anggota dewan baru ini harus bisa memahami RPJM Kabupaten Kubu Raya yang sudah jadi”, pungkasnya.

  • Tentang Penulis

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

  • Tentang Editor

    Rino Kartono Mawardi

    1. Perjuangan Tanpa Pengorbanan adalah Omong Kosong dan Perjuangan Tanpa Do'a Merupakan Suatu Kesombongan...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00