• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kadiv PAS Ingatkan Petugas Lapas dan Rutan di Riau Tolak Pungutan

27 February
19:42 2020

KBRN, Pekanbaru: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau telah mencangkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas, Rutan dan Kantor Imigrasi se Riau menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal mengatakan hampir seluruh UPT melakukan pencanangan integritas WBK-WBBM. Ini sebagai bentuk kesungguhan Kemenkumham Riau dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Komitmen ini bukan sebatas pencanangan. Kami tunggu kawan di Satker Se Riau buktikan kepada masyarakat. Artinya kami sedang berbenah diri segala aspek dan sektor," kata Hilal di Rutan Sialang Bungkuk Kelas 1 Pekanbaru, Kamis (27/2/2020).

Dikatakan Hilal, saat ini baru satu Lapas yang sudah meraih predikat WBK, yakni Lapas Pekanbaru. Dirinya meminta seluruh tim WBK untuk dapat mencontoh Lapas Pekanbaru.

Ada yang baik seperti di Lapas Pekanbaru sudah raih WBK. Berikutnya seluruh tim WBK masing-masing satker study tiru melihat dari dekat awal hingga akhir perjanalan prosesnya," terangnya. 

Kanwil Kemenkum HAM Riau berharap dukungan masyarakat untuk dalam raihan predikat zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan tidak memancing petugas untuk melakukan tindakan penyimpangan. 

"Harapkan partisipasi masyarakat jangan sampai memancing penyimpangan petugas kita. Dengan pencanangan WBK Lapas dan Rutan menunjukkan kepada masyarakat kita sungguh-sungguh melakukan perubahan total," harapnya. 

Dirinya juga tak segan-segan akan memberikan sanksi tegas jika ditemukan penyimpangan yang dilakukan petugas Lapas, Rutan dan Imigrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Kami akan lakukan tindakan tegas sesuai prosedur periksa bersangkutan dan kami tidak tolerir mengarah penyimpangan. WBK itu juga singkatan wilayah bebas keluhan. Jika ada pungutan, laporkan!," tegasnya. 

  • Tentang Penulis

    Santi Yunas

    Reporter <br />

  • Tentang Editor

    Santi Yunas

    Reporter <br />

00:00:00 / 00:00:00