• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Fapsedu Riau Dikukuhkan

27 February
19:24 2020

KBRN, Pekanbaru : Struktur Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan atau Fapsedu Provinis Riau periode 2019-2024, Kamis (27/2/2020) resmi dilantik sekaligus dikukuhkan oleh Sekretaris Jenderal Fapsedu RI, Freddy Aritonang.

Usai pelantikan, Freddy Aritonang mengatakan Fapsedu dideklarasikan pada 17 Juni 2008, mengingat kepercayaan masyarakat terhadap peran para pemuka agama dalam menyukseskan program keluarga berencana sangat penting maka saat ini tugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meliputi tiga hal yaitu kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

"Wadah Fapsedu tidak mencampuri urusan keimanan para pemeluknya, melainkan lebih kepada sebagai wahana perjuangan untuk mengatasi problem bangsa, antara lain kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga," jelasnya.

Dikatakan, Fapsedu merupakan manefestasi spirit keagaman untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Mengingat bonus demografi hanya akan menguntungkan jika SDM bangsa Indonesia berkualitas. Sementara saat ini SDM bangsa Indonesia masih tertinggal.

"Kondisi Indonesia yang masih tertinggal dari negara-negara maju memangil tangung jawab tokoh-tokoh agama untuk memajukan bangsa sebagai komitmen keagamaan dalam mengisi kemerdekaan," ucapnya.

Maka lanjutnya, fagi forum lintas agama dalam wadah Fapsedu menganggap kebhinnekaan adalah sesuatu yang sudah final, dan tugas generasi berikutnya adalah mengisinya untuk mencapai cita-cita kemerdekaan.

Sehingga, para tokoh lintas agama yang ada di Riau berkewajiban menjadikan titik kebersamaan dalam nilai-nilai agama untuk menyejahterakan masyarakat.

"Paling mendasar dari membangun SDM agar Indonesia dapat menjadi bangsa kompetitif dan semua itu dimulai dari keluarga karena sebagai komunitas terkecil masyarakat nasional dan dunia," pesannya. (TS)

00:00:00 / 00:00:00