• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Program Desa Bebas Api, Cegah Karhutla

25 February
18:21 2020

KBRN, Pekanbaru : Program PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) untuk tidak melakukan pembakaran lahan melalui program Fire Free Village terus dikembangkan untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pihak perusahaan akan memperluas program dan saat ini sudah menjadi 36 desa yang tersebar di tiga kabupaten yakni, Pelalawan, Siak, dan Kepulauan Meranti.

Hal itu dikatakan oleh Manajer Fire Free Village Programm Sailal Arimi kepada RRI, Selasa ((25/2/2020).

Dia mengatakan, saat dimulai pada 2014, program ini baru diikuti oleh tiga desa di dua kecamatan Kabupaten Pelalawan. Karena dinilai sukses, setahun kemudian, peserta program ini meningkat tajam menjadi 9 desa di dua kecamatan Kabupaten Pelalawan.

"Pada 2016, jumlah peserta program ini kembali meningkat tajam menjadi 18 desa yang tersebar di tujuh kecamatan di tiga kabupaten yaitu Pelalawan, Siak, dan Kepulauan Meranti. Saat ini sudah menjadi 36 desa," katanya.

Sementara itu,  Kepala Desa Sungai Ara, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Haryono SE mengatakan sejak desa mereka tergabung dalam Program Desa Bebas Api atau Fire Free Village Program (FFVP) yang diinisiasi oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) masyarakat menjadi lebih sadar untuk menjaga lahan dan tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. 

"Sebab, setiap harinya perangkat desa, koordinator Desa Bebas Api di Desa, TNI, dan Polri melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus menjaga lahan dari api," ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi RAPP yang terus berkomitmen menjaga lingkungan supaya tidak terjadi Karhutla melalui program Desa Bebas Api. Program menurutnya tidak hanya sekedar mencegah lahan tidak terbakar, namun juga sangat bermanfaat dalam mengedukasi masyarakat.

"Sekarang kesadaran masyarakat desa kami cukup tinggi bahkan mereka saling mengingatkan agar tidak membakar lahan," jelasnya. (TS)

00:00:00 / 00:00:00