• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

KPU di Riau Terus Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu

25 February
08:38 2020

KBRN, Pekanbaru : Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Provinsi Riau terus meningkatkan sosialisasi mengenai Rumah Pintar Pemilu (RPP) sebagai salah satu bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat. Apalagi saat ini tengah berlangsung Pilkada serentak 2020.

"Meski Kota Pekanbaru tidak menyelenggarakan Pilkada serentak tahun ini, ttapi upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat terus kami lakukan," kata KPU Kota Pekanbaru, Anton Mercyanto, saat dialog interaktif di RRI Pekanbaru, Selasa (25/2/2020).

Dikatakan, Kantor KPU Kota Pekanbaru sudah dilengkapi dengan RPP. RPP ini merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat. Selain itu, juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian, atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.

"Untuk itu, wahana edukasi rumah pintar pemilu dapat dikunjungi oleh masyarakat, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, umum, dan semua pihak yang tertarik dengan Pemilu," ajaknya.

Dikatakan, RPP juga dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam berdiskusi serta menyalurkan ide-ide pembaharuan tentang kepemiluan.

Sementara itu, anggota KPU Kabupaten Pelalawan Selamat Mulyono melalui sambungan telepon mengatakan mengatakan mengedukasi masyarakat sangat penting sehingga KPU Pelalawan juga mendirikan RPP.

"RPP didirikan sebagai upaya untuk memberikan pendidikan atau edukasi kepada para pemilih, pemilih pemula dan masyarakat umum akan pentingnya berdemokrasi, sehingga dapat menjadi pemilih yang cerdas," katanya.

Rumah Pintar Pemilu juga bisa digunakan sebagai tempat bagi masyarakat untuk datang lalu menjadi paham dan pintar mengenai politik, demokrasi dan hakikat Pemilu. 

"RPP ini menjadi salah satu ikhtiar kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan memberikan edukasi kepada masyakat sebagai pemilih. Sasaran kita untuk seluruh khususnya bagi para pemilih pemula yakni para pelajar, apalagi saat ini bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Jadi kita akan meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya melalui RPP ini," kata Selamat Mulyono. (TS)

00:00:00 / 00:00:00