• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Presiden Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Gedung MTs Negeri 3 Pekanbaru

21 February
18:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Presiden Joko Widodo melakukan peresmian Rehabilitasi dan Renovasi Gedung MTs Negeri 3 Pekanbaru, Jumat (21/2/2020).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan rehabilitasi dan renovasi total MTsN 3 Pekanbaru, Riau," kata Presiden saat menyampaikan sambutan.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, peninjauan di sekitar sekolah serta menyapa siswa-siswa MTsN 3 Pekanbaru.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan renovasi MTsN 3 Pekanbaru menghabiskan anggaran sebesar Rp14 miliar. Anggaran itu termasuk dalam paket renovasi bersama dengan MTsN 1 Dumai senilai Rp 4,3 miliar.

Tahun 2019,  Ditjen Cipta Karya merehabilitasi 1.679 sekolah dan 177 madrasah. Untuk di Provinsi Riau, sekolah yang sudah direhabilitasi sekitar 127 sekolah, dua madrasah, dan satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan alokasi anggaran sebesar Rp355,5 miliar.

"Jadi, biayanya itu Rp17,3 miliar, satu paket dengan MTsN di Dumai Rp4,3 miliar, ini (MTsN 3 Pekanbaru) Rp14 miliar,” jelasnya.

Rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru meliputi ruang kelas, ruang pendukung, toilet, perbaikan drainase, dan fasilitas olahraga. Di Provinsi Riau, rehabilitasi sekolah dan madrasah dilaksanakan di 12 kota/kabupaten. Ke- 12 kota/kabupaten, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Meranti, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin menyatakan rasa syukur atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian PUPR kepada Madrasah sebesar RP 17 Milyar untuk MTsN 3 Pekanbaru dan MTsN 1 Pelintung Dumai. Melalui bantuan diharapkan dapat memacu semangat untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada Madrasah di Riau dan Bantuan tersebut tentu bisa diberikan juga kepada madrasah-madrasah lainnya.

“Alhamdulillah, Kementerian PUPR memberikan Bantuan sebanyak Rp 17 M untuk MTsN 3 Pekanbaru dan MTsN 1 Pelintung Dumai. Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan menjadi satu motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Madrasah di Riau. Tetapi kita juga berharap Bapak Menteri tentu bisa diberikan juga kepada Madrasah-Madrasah lainnya. Karena kenyamanan yang ada di Madrasah dengan sarana dan prasarana yang cukup dan  sangat memadai akan dapat membuat anak anak dan guru dalam melakukan proses belajar mengajar secara baik dan nyaman,” harapnya.

Peresmian dilakukan disela-sela kunjungan presiden pada Peresmian jalan tol Pekanbaru – Dumai. 

Kedatangan Presiden Jakowi langsung didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljon, M.Sc, Ph.D, Gubernur Riau H. Syamsuar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA, Kepala MTsN 3 Pekanbaru Darusman, M.Pd. 

Pada kesempatan tersebut Presiden berkesempatan meninjau langsung hasil Renovasi dan Rehabilitasi MTsN 3 Pekanbaru. (TS)

00:00:00 / 00:00:00