• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bawaslu Riau Ajak Masyarakat Awasi Pilkada Serentak 2020

17 February
17:17 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Rusidi Rsudan mengajak masyarakat ikut berperan mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020.

"Partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih penting, tapi tidak kalah penting juga keterlibatan masyarakat dalam mengawasinya," paparnya, Senin (17/1/2020) di Pekanbaru.

Dikatakan, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pileg pada 2019 lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai angka 81 persen berdasarkan data KPU. Hal ini menunjukkan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Namun, kata Rusidi Rusdan, untuk keterlibatan dalam pengawasan, ini belum tentu. Sehingga pihaknya mengajak masyarakat ikut mengawasi jalannya Pilkada yang berintegritas.

Menurut dia, sejak reformasi, pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada sudah semakin demokratis. Hal tersebut ditandai dengan semakin transparannya proses, tetapi disisi lain tidak bisa diprediksi hasilnya.

Tantangan kita, lanjut Rusidi, bukan di metode pemilihannya. Problemnya adalah pada kecepatan penerimaan informasi hasil pemilu.

"Bukan di metode, tapi di counting. Kita masih lambat," ujar dia.

Karena itulah tagline Bawaslu, "Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu". Sejatinya masyarakat harus menerima informasi, agar keadilan Pemilu dan Pilkada bisa tercapai. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00