• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Meski Berstatus Tersangka, Wabup Bengkalis Jadi Plt.Bupati

11 February
20:04 2020

KBRN, Pekanbaru : Bupati Bengkalis Amril Mukminin ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena tersandung kasus korupsi. Dengan ditahannya Bupati Bengkalis, maka roda Pemerintahan Kabupaten dijalankan Wakil Bupati (Wabup) Muhammad sebagai Pelaksana tugas (Plt).

Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Administrasi Setdaprov Riau Sudarman membenarkan jika Wabup Muhammad menjadi Plt.Bupati, dan pengusulannya sudah disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Iya benar, Pak Wabup jadi Plt.Bupati, karena sesuai ketentuan jika Kepala Daerah berhalangan atau tidak bisa menjalankan tugasnya, maka secara otomatis Wakil kepala daerah yang menggantikan. Dan pengusulannya juga sudah kita sampaikan ke Mendagri, "katanya,Selasa (11/2/20) kepada RRI.

Sementara mengenai status Wabup yang menjadi tersangka kasus korupsi pengadaan pipa transmisi PDAM di Kabupaten Indragiri Hilir, dijelaskannya tidak ada masalah, karena Wabup belum ditahan, dan jika nanti ditahan maka Sekdakab yang menggantikan sebagai Plt.Bupati.

"Kalau untuk itu tidak ada masalah, kan beliau masih belum ditahan. Dan jika nanti ditahan, ya Sekda lah yang jadi Plt.Bupati, "jelasnya.

Sedangkan untuk penunjukkan Penjabat (Pj), menurut mantan Kepala Biro Hukum Setdaprov Riau ini tidak dapat dilakukan, sebab penunjukkan Pj dilakukan jika masa tugas atau jabatan kepala daerah habis.

"Kita tidak bisa tunjuk Pj.Bupati, karena masa tugas kepala daerah belum habis. Kan, penunjukkan Pj itu dilakukan jika masa tugas kepala daerah habis, "tutupnya.

00:00:00 / 00:00:00