• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Jelang Penetapan Status Siaga Darurat Karhutla, Gubernur Riau Gelar Rapat Persiapan

8 February
21:32 2020

KBRN, Pekanbaru : Setelah adanya tiga daerah yakni Kabupaten Siak, Bengkalis dan Kota Dumai yang menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tentang penanganan karhutla, Gubernur Riau Syamsuar, Sabtu malam menggelar rapat rencana penetapan status siaga darurat karhutla di rumah dinas Gubernur.

Dikatakan, Provinsi Riau mendapatkan perhatian khusus dari Presiden terkait dengan permasalahan karhutla, sehingga Riau harus melakukan pencegahan sejak dini.

"Daerah kita ini mendapatkan perhatian khusus dari Presiden mengenai karhutla, sehingga kita harus dapat mengatasi bencana itu, "ujarnya, Sabtu (8/2/20).

Menurut mantan Bupati Siak ini, salah satu langkah dalam pencegahan yakni dengan menetapkan status siaga darurat karhutla, sebab dengan adanya status siaga maka akan mudah melakukan koordinasi dalam upaya meminta bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan yakni dengan menetapkan status siaga darurat karhutla, agar kita mudah dalam berkoordinasi dan meminta bantuan kepada BNPB, "katanya.

Disampaikannya, sebelum melakukan penetapan status siaga darurat, BPBD Riau harus melakukan inventarisasi peralatan pemadaman yang ada dan kebutuhan personil satgas dilapangan.

"Saya juga minta kepada Pak Edwar (Kepala BPBD Riau) untuk mendata peralatan pemadam yang dimiliki dan juga kebutuhan teman - teman personil pemadam dilapangan, jangan sampai kebutuhan mereka kurang, nanti susah mereka dalam melakukan pemadaman, "jelasnya.

Diungkapkanya, Pemerintah Provinsi berkomitmen untuk Riau bebas asap di tahun 2020.
"Pemprov berkomitmen di tahun ini Riau bebas asap, "ungkapnya.

Ditambahkannya dirinya bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution akan turun kelapangan melihat secara langsung kondisi yang ada di daerah, terutama wilayah rawan karhutla.

"Saya nanti bersama Pak Wagub akan turun kelapangan melihat kondisi disana seperti apa, terutama daerah rawan karhutla, "tambahnya.

00:00:00 / 00:00:00