• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Siak dan Dumai Sudah Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

4 February
21:29 2020
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Provinsi Riau saat ini memasuki musim kemarau. Dan seperti tahun - tahun sebelumnya setiap musim kemarau kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Saat ini sudah ada dua Kabupaten / Kota di Riau yang menetapkan status siaga darurat karhutla, yakni Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

"Sudah ada dua daerah yang menetapkan status siaga darurat karhutla yaitu Siak dan Dumai. Dan informasinya Bengkalis juga sudah menetapkan status siaga, tapi saya belum dapat salinan suratnya, "kata Kepala bidang kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Jim Gafur, Selasa (4/2/20) kepada Radio Republik Indonesia (RRI).

Dijelaskannya, dengan sudah adanya beberapa daerah yang menetapkan status siaga darurat karhutla, maka penetapan status untuk tingkat Provinsi dapat dilakukan.

"Karena sudah ada daerah yang tetapkan status siaga, maka kita Provinsi juga dapat menetapkan status siaga darurat karhutla tingkat Provinsi, "jelasnya.

Namun menurutnya untuk penetapan status siaga darurat karhutla Provinsi Riau menunggu selesainya rapat pembahasan karhutla di Istana Negara pada 6 Februari nanti.

"Tapi karena tanggal 6 Februari besok ada rapat di Istana Negara bersama Presiden, jadi penetapan sepertinya baru dilakukan setelah itu, pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00