• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kakek 68 Tahun Divonis Bebas dari Bakar Lahan Seluas 20x20 Meter

4 February
18:21 2020

KBRN, Pekanbaru: Pengadilan Negeri Pekanbaru menjatuhkan vonis bebas terhadap Syafrudin, petani yang dituduh melakukan pembakaran hutan dan lahan seluas 20x20 meter di kebun miliknya sendiri di Jalan Yos Sudarso, Km 17, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. 

Sidang yang digelar di Ruang Soebekti Pengadilan Negeri Pekanbaru, Selasa (4/2/2020) ini disaksikan sejumlah mahasiswa dan masyarakat yang memenuhi ruang persidangan. 

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Ketua Sorta Ria Neva menyebutkan kakek 68 tahun ini tidak terbukti melakukan tindak pidana pembakaran karena lahan yang terbakar tidak mencapai 2 hektar. Selain itu juga tidak terbukti melakukan pembakaran untuk membuka lahan. 

Mendengar putusan itu, terdakwa Syafrudin tak kuasa menahan haru. Didampingi kuasa hukumnya, Andi Wijaya, kakek ini menyampaikan rasa syukurnya terbebas dari tuntutan pidana 4 tahun penjara dan denda Rp3 miliar. 

"Alhamdulillah, saya lega rasanya. Senang," ungkapnya dengan raut wajah bahagia. 

Sementara itu, kuasa hukum Syafrudin, Andi Wijaya mengapresiasi putusan sidang. Dikatakan Andi, bahwa Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak bisa menghadirkan saksi ahli sehingga hasil laboratorium dinyatakan tidak sah. 

"Bapak ini seorang petani yang membakar lahan dibawah 2 hektar dan itu merupakan kearifan lokal di masyarakat. Pertimbangan hakim sudah adil," ujarnya. 

Menurut Andi, kasus ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat lainnya yang dikriminalisasi.

  • Tentang Penulis

    Santi Yunas

    Reporter <br />

  • Tentang Editor

    Santi Yunas

    Reporter <br />

00:00:00 / 00:00:00