• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Elektronifikasi Biaya Parkir di Bandara SSK Peaknbaru Dimulai 1 Februari 2020

16 January
18:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Elektronifikasi pembayaran lewat transaksi non tunai di Provinis Riau akan terus diperluas. Salah satu kebijakan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Provnsi Riau dalam rangka elektronikasi adalah mewajibkan pembayaran parkir di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dengan menggunakan uang elektronik, sejak 1 Februari 2020.

Hal itu disampaikan oleh Asral Mashuri, Kadiv Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah (SP PUR) Layanan Administrasi Bank Indonesia Riau, Kamis (16/1/2020) saat media breifing elektronifikasi parkir bandara SSK II Pekanbaru.

Dia menjelaskan elektronifikasi merupakan upaya untuk merubah metode pembayaran dari tunai ke non tunai.

“Jadi kartu uang elektronik yang dipakai untuk parkir di bandara itu bisa dipakai untuk parkir di mal juga. Namun sekarang kita fokus dulu ke bandara,” kata Asral.

Dikatakan, bersama PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara besama lima perbankan bekerjasama untuk menerapkan sistem pembayaran nontunai untuk parkir di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II per 1 Februari 2020. Kelima perbankan itu adalah Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Riau Kepri, dan Bank BCA.

Asral mengakui saat ini masih belum banyak masyarakat yang mengoptimalkan penggunaan uang elektronik di Riau. Hal itu tercermin dari sekitar 6.000 kendaraan yang keluar dari Bandara SSK II setiap harinya, hanya sekitar ratusan kendaraan menggunakan gerbang nontunai yang telah disediakan sejak November 2019.

Saat ini, transaksi nontunai di Bandara SSK II baru dapat dilakukan di satu gerbang dan bersifat opsional. Pilihan uang elektronik yang dapat digunakan pun masih terbatas yaitu menggunakan Tapcash milik Bank BNI dan Brizzi milik Bank BRI.

Perwakilan perbankan yaitu Devi Anggraini selaku Asisten Vice President Bank Mandiri Pekanbaru, Goenawan sebagai Kepala Operasi Cabang BCA Pekanbaru, Hari Gusti selaku Pimpinan Wilayah BRI Pekanbaru, Agus Otter yang merupakan Wakil Pimpinan Cabang BNI Pekanbaru dan Yuharman, Pimpinan Divisi Dana dan Jasa BRK menyampaikan dukungan elektronifikasi.

Muhammad Alif Widodo sebagai Manajer FHR Angkasa Pura 2 Pekanbaru juga memastikan tidak terjadi kenaikan tarif parkir dan pajak parkir sebesar 30 persen tetap akan disetorkan kepada Pemko Pekanbaru. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00