• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Pengprov PBSI Riau Maksimalkan Persiapan Seri Pembuka Proliga 2020

8 January
23:04 2020
3 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Pengurus Provinsi (Pengprov) PBVSI Riau terus mematangkan persiapan seri pembuka putaran pertama Kompetisi Proliga 2020, yang akan berlangsung di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, 24-26 Januari 2020.

"Kami sudah siap menggelar Proliga 2020 di Pekanbaru. Persiapan kami sudah maksimal," ujar ketua Pengprov PBVSI Riau, H. Burhanuddin Husin, Rabu (8/1/2020).

Seperti diketahui, Pekanbaru akan menjadi tuan rumah pembukaan kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia. Pelaksanaan seri pertama putaran pertama kali ini merupakan kerja sama antara Pengprov PBVSI Riau dan Surabaya Bhayangkara Samator. Karena tim asal Surabaya itu pada 2019 menjadi juara, sehingga Samator berhak menjadi tuan rumah pembukaan. 

"Mereka (Samator) memilih Pekanbaru sebagai tempat pelaksaan pembukaan Proliga," tambah Burhanuddin.

Penyelenggaraan Proliga 2020 di Pekanbaru ini merupakan kali keempat dan kali kedua dengan Samator pada Proliga 2019. Sebelumnya, menjadi kota pekanbaru juga sebagai pelaksana pada 2012 dan 2014 di mana Jakarta PGN Popsivo sebagai tuan rumah.

Buhanuddin mengharapkan masyarakat penggemar bola voli di Riau dan sekitarnya menyukseskan pelaksanaan Proliga di Pekanbaru ini. "Kita nikmati Proliga di Pekanbaru ini sebagai hiburan. Apalagi, nantinya ada pemain asing di dalam setiap tim dan para pemain nasional," tambahnya.

Kompetisi yang telah memasuki tahun ke-19 ini diikuti enam tim putra dan lima putri. Keenam tim putra terdiri dari juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS.

Sedangkan lima tim putri antara lain juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda Jatim.

Kompetisi Proliga merupakan kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia. Setiap tim peserta Proliga diwajibkan menggunakan maksimal dua pemain asing. Tahun ini, kompetisi yang mulai bergulir sejak tahun 2002 ini, berlangsung di delapan kota di Indonesia, antara lain Pekanbaru, Purwokerto, Palembang, Gresik, Bandung, Yogyakarta, Kediri, dan Solo. Kompetisi ini akan ditutup di Yogyakarta, 19 April 2020 mendatang.(Ririn)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00