• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jelang Tahun Baru, Harga Ayam dan Telur Naik Drastis

30 December
10:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, harga ayam potong, telur, dan ikan di pasar tradisional Kota Pekanbaru naik cukup drastis.

Radio Republik Indonesia memantau pergerakan harga ketiga komoditas tersebut di salah satu pasar di Kota Pekanbaru yakni Pasar Cik Puan, Senin (30/12/2019).

Umar, 47, salah seorang pedagang telur mengeluh akibat harga yang naik terlampau drastis.

"Sebelum masuk Natal ini telur ayam masih di harga Rp25 ribu hingga Rp30 ribu. Tapi memasuki Natal dan tahun baru sekarang dijual partai kecil mencapai Rp35 ribu," kata Umar.

Ia mengatakan bahwa pergerakan yang cukup signifikam mulai dirasa sejak 5 hari sebelum perayaan Natal dan tahun baru.

"Kalau telur ini memang terasa sekali kenaikannya, karena memang kebanyakan masyarakat perlu untuk kebutuhan seperti buat kue dan sebagainya," ujar dia.

Di kios yang berbeda, salah seorang penjual ayam potong pun mengeluh mengenai kenaikan harga ayam yang cukup terasa.

"Sebelum masuk bulan Desember ini ayam ukuran sedang masih di harga Rp20 ribuan dan ukuran besar harga Rp18 ribuan. Tapi sekarang sudah masuk ke harga Rp 25 ribu untuk ukuran sedang dan Rp 26 ribuan untuk ayam ukuran besar," ujar Marlin.

Ia mengaku menginjak tahun baru konsumen lebih banyak memilih ayam potong sebagai alternatif pelengkap acara malam tahun baru.

"Sebenernya naik juga harganya tetap dicari sama konsumen, karena mereka tetap beli untuk acara bakar ayam di malam tahun baru," katanya.

Selain itu, ikan air tawar dan ikan laut kenaikan harganya bisa mencapai Rp6 ribu per kilonya dengan berbagai jenis ikan.

"Ikan air tawar seperti lele, patin, dan mas harganya baik Rp5 ribu tiap kilonya. Ikan mas dan nila biasanya Rp30 ribu. Sekarang bisa Rp35 ribuan. Ikan ini lebih banyak dicari mendekati malam tahun baru," kata Marlin. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00