• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu Serentak 2017

Mitra Kerja dan Pemangku Kepentingan Diajak Maksimalkan Program KB

19 December
18:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Advokasi Penggerakan dan Informasi (Adpin) yang dititikberatkan dalam program-program Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) harus dimaksimalkan, terutama dalam menyampaikan program-program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga (KKBPK), serta mengajak semua mitra kerja dan pemangku kepentingan dari pusat sampai ke desa-desa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Agus P Proklamasi, Kamis (19/12/2019) di Peknbaru.

Dia berharap, melalui strategi itu program KB dalam rangka KKBPK dapat digaungkan dan dapat direvitalisasi.

“Tentu saja dalam pelaksanaan program-program KB ini juga tidak terlepas dengan pemerintah daerah. Sehingga berdasarkan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, Persoalan Kependudukan dan KB, ini merupakan wajib konkuren yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupeten Kota,” ujarnya.

Diakui, langkah itu, akan didukung dengan data base kependudukan yang sinkron pada 2019, dengan istilah sistem informasi keluarga yang saat ini sedang dikembangkan oleh BKKBN. Data tersebut dikumpulkan sebagai real time.

"Jadi nanti data dasarnya 2019, maka perubahannya itu merupakan basis vital berbasis keluarga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendailan Penduduk dan KB Provinsi Riau, Andra Syafril mengaku sangat mengapresiasi program kerja Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi- ADPIN BKKBN di Riau.

"Sebagaimana kami tangkap sebagaimana yang ditekankan Kepala BKKBN Pusat bahwa peran BKKBN sekarang lebih kepada menggerakkan masyarakat untuk sadar KB yang intinya advookasi dan penyuluhan, sehingga pemerintah daerah tentu sangat mendukung apa yang menjadi program BKKBN," katanya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00