• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Peningkatan SDM Melayu Terus Diwujudkan

6 December
19:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Dewan Pendidikan Provinsi Riau berkomitmen mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Melayu yang unggul sesuai dengan perkembangan zaman, dalam menciptakan SDM Riau yang unggul.

Hal itu merupakan salah satu kesimpulan diskusi yang diinisiasi Dewan Pendidikan Provinsi Riau dengan menggandeng Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) Provinsi Riau, DR Chaidir, dengan tema peningkatan mutu SDM Melayu, Jumat (6/12/2019).

Kketua FKPMR, Chaidir mengatakan peningkatakan pendidikan anak – anak Melayu mutlak dilakukan, maka saat ini pihaknya tengah melakukan upaya melalui dua hal.

"Pertama adalah meberikan jenjang pendidikan yang bagus kepada anak – anak Melayu yang tersebar di 12 kabupaten/kota melalui kebijkaan, sehingga melalui regulasi itu dicari anak-anak Melayu yang berada di daerah itu untuk diberikan fasilitas pendidikan," jelasnya.

Selanjutnya yang kedua adalah kata Chaidir, pihaknya akan mengusahakan terbentuknya Trust Fund atau dana amanah yaitu dana abadi untuk diberikan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi ternama.

"Kalau bea siswa umum maka tidak mungkin bisa disalurkan. Ini sifatnya dana abadi yang memang diperuntukkan untuk anak-anak Melayu," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Riau, Zulkarnain Nurdin mengatakan kualitas SDM Melayu menjadi perhatian utama dewan pendidikan, dengan memprioritaskan anak melayu untuk menempuh pendidikan yang lebih baik, sebagaiamana diterapkan di provinsi lain di Indonesia bahkan di luar negeri.

"Papua dan daerah di bagian timur Indonesia sudah melakukan hal ini. Begitu juga dengan suku Aborigin di Australia yang memang difasilitasi untuk menempuh pendidikan, jadi mereka bisa menjadi unggul," kata Zulkarnain Nurdin mencontohkan.

Menurut Zulkarnain Nurdin, selama ini, masalah SDM anak Melayu sudah menjadi kerisauan pihaknya. Maka melalui berbagai kajian dan diskusi akan terus diupayakan perwujudan pendidikan yang lebih baik bagi anak Melayu.

Diskusi berlangsung menarik, karena banyaknya masuk dan kritikan serta saran dari anggota dewan pendidikan yang merupakan praktisi pendidikan di Riau seperti Rektor Universitas Pasir Pengaraian (UPP) DR Adolf Bastian dan anggota Dewan Pendidikan Provinsi Riau lainnya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00