• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Jutaan Hektar Perkebunan Kelapa Sawit di Riau Tidak Bayar Pajak

3 December
17:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Jutaan hektar lahan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau tidak membayar pajak, data Komisi Pemberantan Korupsi (KPK), setidaknya terdapat 1 juta hektar lahan perkebunan di Riau tidak memiliki izin, sehingga dipastikan tidak dibebankan membayar pajak. Namun saat ini pemilik dari jutaan hektar tersebut tengah ditelusuri agar membayar pajak.

Hal itu dikatakan oleh Guberunu Riau, Syamsuar, saat menyampaikan sambutan pada pelantikan dan pengukuhan DPW Apkasindo Riau, Selasa (3/12/2019) di Pekanbaru.

Dia menjelaskan sesuai data BPS, jumlah luas perkebunan kelapa sawit di Riau mencapai 2,4 juta.

"Dari jumlah tersebut, pemilik baik perusahaan maupun pribadi yang baru membayar PBB Perkebunan hanya 1.194.000 hektar, sehingga 1 juta hektar lebih lagi belum melakukan kewajibannya membayar pajak," tegasnya.

Diakui, sesuai arahan presiden, pihaknya bersama instansi terkait tengah menelusuri para pemilik dari perkebunan yang belum membayar pajak tersebut agar dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan.

"Data itu yang baru resmi dari BPS, belum yang terdata, sedangkan kita sekarang ini butuh dana untuk pembangunan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua umum DPP Apkasindo Riau, Gulat ME Manurung mengingatkan kepada petani kelapa sawit atau masyarakat yang memiliki kebun sawit agar membayar pajak, jika tidak bisa membayar pajak, maka akan dibantu asosiasi, sehingga pemilik perkebunan kelapa sawit dapat menunaikan kewajibannya membayar pajak.

"Ini adalah untuk kita semuanya. Maka saya himbau bayarlah pajak," sarannya.

Seluruh dareah penghasil sawit di indonesia telah berkomitmen untuk mendorong kepatuhan membayar pajak, terutama dari sektor perkebunan kelapa sawit. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00