• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Memperoleh Medali Penghargaan di Korsel dan Maccau, Pimpinan DPRD Riau Apresiasi Karya Mahasiswa UR.

7 November
18:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru: Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Riau Firman bersama dua temannya ,  berhasil menyabet penghargaan medali emas dan silver untuk dua hasil karya mereka pada lomba tingkat dunia , yakni di Korsel dan Maccau, Cina.

"Kami memanfaatkan limbah biji karet untuk produk kami  menjadi sendal refleksi, juga mengambil bahan  sekitar di dapur yang bisa di buat sebagai insektisida untuk hama padi," sebut Firman Edi , Kamis (07/11/2019).

Dijelaskan, dua produk  diciptakannya bersama dua temannya itu , pertama karya sendal refleksi di bawa pada  Korea invantion Contest , yakni ajang  lomba  kreatif produk khusus pemanfaatan limbah atau barang yang tidak di pakai lagi, Agustus lalu dan berhasil mendapatkan penghargaan medali silver.

"Kami Aplly dan diterima, produk biji karet bulat-bulat kami  jadikan sendal refleksi itu di lomba tingkat dunia mendapatkan penghargaan, " ujarnya.

Sementara pada bulan Oktober lalu, untuk produk kedua , menurutnya , kembali mengikuti lomba pemanfaatan inovasi produk tingkat dunia di kota Maccau Cina , dengan membuat  insektisida dari bahan dapur yang tidak terpakai serta daun nabati pepaya dan bawang putih , yang bermanfaat mengusir hama padi lebih murah dan cepat, Juga memperoleh penghargaan medali emas.

"Kami ingin kampanyekan dulu kawan-kawan di  kampus mengkampanyekan sebagai bahan riset , setelah itu kami akan promosikan banyak untuk di jual," paparnya.

Menanggapi prestasi itu , salah seorang pimpinan dewan ,Wakil ketua DPRD Riau Asri Auzar mengatakan, dirinya sangat bangga dan mengapresiasi yang dilakukan Firman dan kawan-kawan, itu karena sudah mengharumkan nama daerah Riau dan Negara ini di tingkat Internasional.

" Bangga dan  terimah kasih karena  sudah mengharumkan nama kampus Unri , daerah Riau juga nama bangsa ini.Kalau sudah internasional juga membawa nama baik kampus seluruh Indonesia," jelas Asri.

Karya putra daerah seperti itu menurutnya  harus di bantu promosikan karena  dapat penghargaan di luar negri,  kami bantu populerkan mudahnya ada investor mau bantu , berkarya terus ya adik-adik ," tuturnya.(ls).

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00