• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Media Massa Kelompok Strategis Sukseskan Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada

6 November
19:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Media massa merupakan salah satu kelompok startegis dalam mensukseskan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun pemilihan umum. Strategis media dalam mensukseskan pilkada melalui publikasi yang sampai ke seluruh elemen masyarakat.

Hal itu dikatakan oleh Amiruddin Sijaya sebagai Divisi Hukum dan Data Bawaslu Riau saat membuka Bimbingan Teknis Peliputan dan Penulisan Berita Bagi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota se Provinsi Riau, Rabu (6/11/2019) di Grand Central Pekanbaru.

"Bawaslu terbatas menembus seluruh elemen masyarakat dalam mensosialisasikan aturan pilkada maupun pemilihan umum, Maka melalui media dan pers informasi bisa sampai kepelosok," katanya.

Menurutnya, dalam pemilihan umum dan pemilihan presiden tahun ini tingkat partisipasi pemilu meningkat hingga 80 persen. Walau kaum difabel belum menembus angka 60 persen. Tetapi peningkatan partisipasi pemilih tersebut tidak lepas dari keterlibatan media.

"Makanya masyarakat perlu mengetahui berita dan fakta sebenarnya, itu harus melalui media," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Riski Kurniawan, menjelaskan bimtek tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas bawaslu kabupaten/kota dalam peningkatan publikasi terkait penyelenggaraan pilkada. Apalagi tahun 2020, 9 kabupaten/kota di Provinsi Riau melaksanakan pemilihan kepala daerah.

Saat Bimtek anggota Bawaslu Republik Indonesia, Fritz Edward Siregar, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Akademisi UIR, Syafriadi dan Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan dihadirkan sebagai nara sumber. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00