• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kemenag Inginkan Masjid di Indonesia Punya Standar Pengelolaan yang Suci

22 October
16:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru : Pada acara kegiatan Workshop Uji Draf Pedoman Pengelolaan Masjid Bersih, Suci dan Bersih di Hotel Pangeraran Pekanbaru, Kustini selaku peneliti yang juga ketua panitia mengatakan pihaknya menginginkan Masjid di Indonesia punya standar pengelolaan yang suci, bersih dan sehat.

"Selama ini kan belum ada yang standar, jadi kami susun bukunya, agar masjid di Indonesia menjadi bersih, suci, (Secara syari’ah), karena bersih belum tentu suci serta sehat,' jelasnya, Selasa (22/10/2019).

Dikatakan, sebaiknya datang ke masjid tidak hanya untuk sekedar buang air saja, tetapi dengan menyempatkan untuk berwudhu’ bila perlu shalat tahajjud

"Jadi jangan dijadikan masjid sekedar WC Umum. Jangan mengepel dengan air kotor (kain pel yang kotor, dari toilet ke dalam masjid," tambahnya.

Diakui, untuk membuktikan, pihaknya sudah melakukan survey ke beberapa masjid paripurna di Kota Pekanbaru. Untuk mengetaui perbendaan yang membedakan masjid Paripurna dengan tidak paripurna. 

"Kementerian Agama pada umumnya punya tujuan untuk menjadikan masjid bersih, suci dan sehat serta ramah lingkungan, sehingga dibuatkan standarnya, karena selama ini belum ada," katanya.

Kegiatan workhsop diadakan Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia bersama Dewan Mesjid Indonesia dalam rangka uji draf  pedoman pengelolaan masjid bersih dan sehat, selama dua hari di Pekanbaru, 21 – 22 Oktober 2019.

Workshop dilaksanakan juga bekerjasama dengan Kemenag Kota Pekanbaru, untuk meminta masukan dari pengurus mesjid di Pekanbaru, tentang mesjid yang bersih, suci dan sehat.

Tujuan dari workshop adalah untuk memberikan masukan terhadap buku pedoman pengelolaan mesjid yang bersih, sehat dan suci, sehingga buku tersebut standar dalam mengelola mesjid di Indonesia. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00