• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Literasi Keuangan di Riau Masih Rendah, BI Corner Jadi Sarana Peningkatkan

16 October
14:44 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Tingkat literasi keuangan di Provinsi Riau masih rendah, maka dalam rangka meningkatkan literasi keuangan, Bank Indonesia (BI) melaksanakan peran yang lebih dari sekedar lembaga keuangan dan bank sentral,  tetapi dengan mendirikan BI Corner, sebagai sarana peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Tim Pengembangan Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Iskandar, Rabu (16/10/2019) saat Bank Indonesia Mengajar dan peresmian BI Corner di Perpustakaan Soeman HS, di Aula Perpustkaan Seoman HS, Pekanbaru.

Menurut Iskandar, kegiatan tersebut merupakan bagian dari edukasi yang dilakukan oleh BI terhadap pelajar dan mahasiswa serta masyarakat agar dapat menjadi pendorong, karena kehadiran BI Corner yang dilengkapi dengan buku manual dan buku digital dapat memberikan edukasi langsung kepada masyarakat.

Dia menuturkan, BI Corner merupakan perpanjangan dari perpustakaan Bank Indonesia yang ke-15, hadir di berbagai sekolah dan perguruan tinggi dan beberapa lokasi di Riau.

"Hadirnya BI Corner di Perpustakaan ini, diharapakan bisa dimanfaatkan semua kalangan karena di sini bisa mengakses informasi perekonomian dan perbankan. Sehingga bisa menjadi wadah literasi keuangan juga khususnya bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi secara lengkap," katanya.

Bank Indonesia berharap BI Corner juga bisa bermanfaat untuk masyarakat, terutama dalam meningkatkan minat baca. Selain BI Corner, Bank Indonesia juga melakukan MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau.

Sementara itu, Rahmina Erna mengapresiasi kerja sama yang dilakukan Bank Indonesia kepada Perpustakaan Soeman HS.

"Kita berharap melalui kerja sama ini, kedepan akan mendorong para mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum untuk giat lagi membaca dan memahami literasi keuangan," ungkapnya.

Diakui, saat ini tingkat literasi keuangan di Riau masih rendah. Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau, masyarakat di 22 kecamatan di Provinsi Riau yang merupakan daerah tertinggal, terluar, terpencil dan terbelakang, tingkat literasi dan keuangannya paling rendah, karena akses perbankan yang masih jauh dan minim.

Dalam acara tersebut, sekitar 200 orang peserta turut hadir terutama dosen dan mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Provinsi Riau, siswa SMA/SMK dari beberapa sekolah di Kota Pekanbaru beserta guru pembimbing.

BI Corner di Perpustakaan Soeman HS menjadi BI Corner ke-15 yang telah diresmikan. Terhitung sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, KPw Bank Indonesia Provinsi Riau mendirikan 16 BI Corner. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00