• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Polda Riau Perkenalkan aplikasi "Lancang Kuning" Untuk Cegah Karhutla

15 October
18:01 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Polda Riau dibawah kepemimpinan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memperkenalkan aplikasi "Lancang Kuning" yang kini digunakan instansi Polri untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

"Aplikasi Lancang Kuning ini bukan hanya untuk mendeteksi Karhutla, tapi juga untuk mempercepat penanganan," kata Irjen Pol Agung Setya pada saat seminar bertema menangkal hoaks di Kota Pekanbaru, Selasa (15/10/2019).

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut berbasis teknologi yang terkoneksi langsung ke satelit untuk memantau titik panas dan titik api Karhutla pada saat Karhutla terjadi atau "real-time". Setiap titik panas yang muncul di peta akan terdapat titik koordinat untuk bisa dilakukan pengecekan secepatnya oleh petugas di darat.

Selain itu, ketika titik panas itu disorot kursor, maka akan muncul jajaran kepolisian terdekat hingga petugas yang terdekat dari lokasi. Misalkan, kebakaran terjadi di Kabupaten Indragiri Hilir, maka akan tertera Kepolisian Sektor terdekat dan petugas yang paling dekat ke titik panas.

"Titik api paling dekat ke polsek mana, maka wajib untuk kerjakan tugas lakukan langkah pemadaman," katanya.

Kapolda Riau berharap agar aplikasi Lancang Kuning bisa digunakan bersama oleh semua pemangku kebijakan mulai dari kepala daerah hingga masyarakat.

"Harapannya, saya bisa bicara dengan Gubernur Riau dan stakeholder lainnya seperti mahasiswa, dan masyarakat peduli api," katanya.

Ia mengatakan upaya penanggulangan kebakaran apabila tidak dikelola dengan baik bisa memicu disinformasi dan hoaks. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00