• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Napi Pekanbaru Kendalikan 1 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi, 3 Kurir Ditangkap Polisi

14 October
15:23 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru: Tim gabungan dari Polsek Sukajadi dan Satres Narkoba Polresta Pekanbaru menangkap enam orang penyalahguna narkotika. Keenam orang ini diamankan dari sebuah kos-kosan di Jalan Jatayu Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Dari penangkapan itu, polisi melakukan penggeledahan didalam rumah dan menemukan sabu seberat 1 kg dan 6 ribu butir pil ekstasi dan happy five. Barang bukti ini disimpan didalam sebuah tas koper.

"Kita mendapatkan informasi dari masyarakat adanya transaksi narkoba di rumah tersebut. Kemudian menggeledah sebuah kontrakan dan menemukan 6 orang, 3 laki-laki dan 3 perempuan. Kita juga temukan koper didalamnya ada sabu seberat 1 kg lebih, inek 5393 butir dan pil happy five sebanyak 1000 butir," kata Kapolsek Sukajadi, Kompol Zulfa Renaldo dalam keterangan persnya, Senin (14/10/2019).

Namun dari hasil pemeriksaan, polisi hanya menetapkan 3 tersangka. "Tersangka 3 orang pria yakni H-S, R-A dan M-L. Sedangkan 3 wanita yang diamankan urinnya negatif dan terbukti tidak ada keterlibatannya," ungkap Zulfa.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Sukajadi Iptu Abdul Halim mengatakan pihaknya mendalami keterlibatan ketiga peranan pelaku dan seseorang yang merupakan pengendali dari dalam lembaga pemasyarakatan. 

"Heru menerima bingkisan dari orang. Pelaku ini memiliki jaringan terhadap seseorang di dalam Lapas kemudian membawa 2 orang temannya untuk jemput barang di
Jalan Rambutan. Kemudian barang bukti dibawa 2 rekannya ke sebuah kosan mereka," jelas Halim.

Adapun upah ketiga pelaku dalam menjalankan transaksi narkotika ini terbilang fantastis. Bahkan HS dan 2 rekannya diupah hingga Rp5 juta.

"Hasil pemeriksaan, HS sudah 2 kali menjalankan transaksi ini. Ketiganya diupah untuk membawa sabu sebesar Rp5 juta begitu pula dengan pil ekstasi upahnya masing-masing Rp5 juta," ungkapnya.

Atas perbuatannya, kini ketiga pria ini diamankan di Mapolsek Sukajadi guna kepentingan penyidikan lebih lanjut.

"Ketiganya dijerat Pasal 114 ayat 2 junto Pasal 112 ayat 2 dan atau Pasal 127 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukuman 20 tahun penjara," pungkasnya.

  • Tentang Penulis

    Santi Yunas

    Reporter <br />

  • Tentang Editor

    Santi Yunas

    Reporter <br />

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00