• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Status Pencemaran Udara Dihentikan, Posko Kesehatan dan Rumah Singgah di Tutup

1 October
20:54 2019
2 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Seiring dengan membaiknya kualitas udara di Provinsi Riau dan habisnya batas waktu status pencemaran udara akibat kabut asap pada 30 September kemarin, maka Gubernur Riau Syamsuar selaku komandan satuan tugas (Dansatgas) Penanganan Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghentikan status pencemaran udara akibat kabut asap.

"Kita lihat sekarang udara sudah mulai membaik dan dari laporan rapat terakhir yang dipimpin Sekda terkait kabut asap kemarin, maka status pencemaran udara akibat kabut asap kita hentikan dan tidak diperpanjang, "katanya, Selasa (01/10/19) di Pekanbaru.

Sedangkan untuk status siaga darurat karhutla, mantan Bupati Siak ini menuturkan masih tetap berlangsung hingga 31 Oktober nanti, sebagai antisipasi terjadinya kembali karhutla.

"Kalau untuk status siaga darurat masih tetap sampai 31 Oktober, sebagai upaya untuk mengantisipasi jika terjadi kembali karhutla, "ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas  Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengungkapkan dengan dihentikannya status pencemaran udara akibat kabut asap, maka secara otomatis posko kesehatan dan rumah singgah juga ditutup.

"Karena status pencemaran udara sudah dihentikan, maka secara otomatis posko kesehatan dan rumah singgah yang kita bentuk diluar sarana kesehatan juga ditutup, "ungkapnya.

Selain menutup posko kesehatan dan rumah singgah, dijelaskannya bantuan berupa masker dan oksigen yang diberikan kepada posko kesehatan serta rumah singgah yang didirikan kelompok masyarakat juga dihentikan.

"Kita juga menghentikan bantuan masker dan oksigen kepada posko kesehatan dan rumah singgah yang dibentuk oleh kelompok masyakarat, "jelasnya.

Mimi berharap kabut asap tidak kembali, agar aktivitas masyarakat dapat terus berjalan.

"Saya harap kabut asap tidak kembali datang, biar masyarakat dapat beraktivitas tanpa takut terhadap kesehatannya, "tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00