• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kemenag Pekanbaru Susun Standar Pelayanan Publik Berbiaya Nol Rupiah

20 September
16:31 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru menyusun standar pelayanan publik yang merupakan pedoman dalam memberikan layanan kepada masyarakat, yang disusun dalam Forum Grup Discussion (FGD) dalam rangka penerapan standar pelayanan kantor Kemenag, Jumat (20/9/2019) di aula Kantor Pemenag Pekanbaru yang diikuti perwakilan dari semua pihak.

FGD dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pekanbaru, Edwar S Umar, diikuti jajaran kepala seksi di lingkungan Kemenag Kota Pekanbaru dan para peserta yang secara khusus diundang termasuk perwakilan media massa.

Edwar S Umar menjelaskan sesuai Peraturan Menteri PAN dan RB nomor 15 tahun 2014, standar pelayanan Kemenag Kota pekanbaru diperbaiki.

"Selain itu juga kita sudah dikunjungi Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Kemenag RI yang mengamahkan kepada kita untuk menyusun standar pelaksanaan pelayanan. Kita sudah melaksanakan munakasah-munakasah saat menyusun," urainya.

Dikatakan, FGD dilakukan agar standar pelayanan yang akan diterapkan mendapat persetujuan dan mendapatkan pengakuan masyarakat. Sehingga pelayanan yang diberikan sebelumnya sudah mendapat persetujuan masyarakat dan diketahui oleh masyarakat.

Selain itu tercapainya zona integritas di Kantor Kemenag Pekanbaru yang bebas korupsi dan gratifikasi dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

"Berdasarkan FGD ini, semua persyaratan layanan disederhanakan dan waktunya juga dipersingkat dengan biaya nol rupiah atau semua layanan diberikan secara gratis. Jadi kami akan memberikan pelayanan yang terbuka dan standar pelayanan dapat diakses di website Kemenag Pekanbaru. Sebelum mendapatkan layanan, masyarakat sudah mengetahui jenis pelayanan dan persyaratan pelayanan disamping biayanya yaitu nol rupiah," tegasnya.

Menurut Edwar S Umar, sebelum berita acara standar layanan didiskudikan, pihaknya sudah menyusun dan melakukan perbaikan dalam berbagai aturan saat layanan diberikan kepada masyarakat, semuanya dilakukan agar masyarakat mudah mendapatkan layanan dari Kemenag Kota Pekanbaru.

"Jadi masyarakat dimudahkan dengan sistem yang kita buat ini. Kami akan melayani sesuai standar aturan di Kemenag. Seperti pengantar umroh, maka kami akan memberikan kepada siapapun yang sudah memiliki syarat," contohnya.

Diakui, sampai saat ini Kantor Kemenag Kota Pekanbaru masih menjadi nominasi untuk mendapatkan sertifikat zona integritas dari Kemenpan RB.

"Tapi itu bukan target kami, target kami sesungguhnya adalah memberikan layanan sebaik-baiknya dan prima dengan biaya gratis atau nol rupiah," ungkapnya.

Saat FGD, banyak masukan disampaikan peserta dalam rangka memberikan pelayanan baik kepada masyarakat yang membutuhkan layanan dari Kemenag Kota Pekanbaru. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00