• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

RRI - PMI Riau Bagikan Ribuan Masker

20 September
08:53 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : LPP RRI Pekanbaru dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Jumat (20/9/2019) membagi-bagikan masker di Jalan Jenderal Sudirman, persisi di depan kantor LPP RRI Pekanbaru.

Pembagian masker dipimpin langsung Kepala Stasiun RRI Pekanbaru, Samirwan diikuti karyawan dan petugas PMI Provinsi Riau.

Sarmirwan mengatakan kegiatan bagi-bagi masker dimaksudkan sebagai aksi kepedulian dalam rangka membantu masyarakat agar terhindari dari paparan kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan wilayah Riau dalam beberapa bulan terakhir..

"Kabut asap ini sudah berlangsung sebulan lebih, jarak pandang juga semakin pendek, hari ini saja hanya 300 meter, jadi ini sebagai komitmen RRI dan PMI yang peduli dengan masyarakat," ujarnya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan pembagian masker juga bahagian dari program Kentongan, RRI sebagai radio mitigasi bencana.

"Sudah banyak kegaitan yang kita laksanakan dalam progam Kentongan, tujuannya memberikan edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari bencanan," urainya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Riau, Hendro Ekwarso menjelaskan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Riau menyiapkan ruang sehat bebas asap untuk warga yang menjadi korban bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

"Ruang sehat bebas asap itu disiapkan Markas PMI Provinsi Riau yang bisa digunakan kapan pun untuk warga Riau maupun dari daerah lain yang terdampak bencana kabut asap," katanya.

Di ruang sehat tersebut disediakan sejumlah perlengkapan yang dibutuhkan warga korban asap mulai dari tabung oksigen, ranjang, obat-obatan serta peralatan kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, selalu siaga pula petugas kesehatan dan perawat untuk melayani warga yang terpapar asap.

Selain itu, PMI Riau juga sudah mendistribusikan ribuan masker ke PMI kota/kabupaten yang merupakan bantuan dari PMI RI. Masker disebarkan kembali kepada masyarakat dalam meminimalisasikan dampak dari kabut asap yang bisa menyebabkan penyakit saluran pernafasan dan lainnya.

"Hari ini kami melakukan bagi-bagi masker di tiga lokasi yaitu di RRI, TVRI dan Lanud Reosmin Nurjadin Pekanbaru," ungkapnya.

Selain itu, fasilitas yang disediakan untuk korban bencana kabut asap khususnya warga Kota Pekanbaru seluruh gratis. Maka dari itu, pihaknya berharap warga bisa memanfaatkan fasilitas pelayanan yang sudah disediakan lembaga kemanusiaan ini.

"Kami berharap dengan adanya fasilitas yang disediakan ini minimalnya bisa mengurangi dampak dari bencana kabut asap yang melanda Riau dan daerah tetangga lainnya seperti mencegah terjangkit penyakit saluran pernafasan," tambahnya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00