• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ahli Waris Petugas Pemilu Meninggal di Riau Sudah Terima Santunan dari KPU RI

18 September
09:15 2019
1 Votes (5)

KBRN, Pekanbaru : Ahli waris petugas Pemilu yang meninggal di Provinsi Riau semuanya telah menerima santunan dari KPU RI, berupa uang sagu hati masing – masing sebesar Rp 36 juta, sedangkan dari Pemerintah Provinsi Riau belum semuanya menerima.

Hal itu dikatakan oleh anggota KPU Riau, Nugroho Noto Susanto kepada Radio Republik Indonesia, Rabu (18/9/2019).

Dia mengatakan petguas yang meninggal dunia sebagai penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu diberi santunan senilai Rp 36 juta.

"Semuanya berjumlah 14 orang, jadi sudah diberikan yang berasal dari KPU RI," katanya.

Dia mengatakan KPU berharap agar uang santunan tersebut digunakan untuk pengembangan usaha atau kegiatan yang lebih bermanfaat, apalagi jumlahnya juga ditambah dai Pemerintah Provinsi Riau masing – masing sebesar Rp 20 juta.

"Dari gubernur Riau juga ada bantuannya masing - masing sebesar Rp 20 juta, tetapi belum semuanya menerima, masih ada dua atau tiga orang lagi," ucapnya.

Menurutnya, lamanya pencairan disebabkan verifikasi terhadap ahli waris yang membutuhkan waktu lama, sebab proses dilakukan secara berjenjang mulai dari KPU di kabupaten/kota yang mendata semua petugas yang meninggal maupun sakit, selanjutnya laporan diserahkan kepada KPU tingkat provinsi, baru disampaikan kepada KPU RI.

"Dana santunan ditransfer dari KPPN langsung ke nomor rekening penerima santunan, walaupun sumber dana dari APBN KPU RI tetapi tetap melalui KPPN karena berasal dari dana cadangan Kemenkeu," urainya.

Sedangkan kendapa pencairan dari Pempro Riau dikatakan, karena masih harus dilengkapi beberapa persyaratan oleh penerima atau ahli waris.

"Kita tetap meminta agar segera dilengkapi agar pemerintah provinsi Riau segera mencairkannya," sarannya. (TS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00